Hanya Risma yang Mampu Saingi Gus Ipul di Pilgub Jatim

Dok. Walikota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) melambaikan tangan ke arah wartawan bersama Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya Martadi (kanan). (Dok.Antara/Muhammad Adimaja)

Arah - Pengamat politik dari Lembaga Survei Regional (Lusera) Mufti Mubarok, tidak yakin terjadi koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pilgub Jatim untuk turut mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Dari dua Pilgub sebelumnya kan tidak berkoalisi, saya kira nanti juga sama akan bertarung," jelas Direktur LSR, Mufti Mubarok saat dikonfirmasi, di Surabaya, Kamis, (6/7/2017).

Menurut Mufti, PDIP lebih berpeluang untuk mengusung calon sendiri yakni Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa yang keduanya merupakan sosok yang bisa mengimbangi Gus Ipul. "Kalau stok di Jatim hanya dua kandidat itu (Risma dan Khofifah) yang bisa bersaing dengan Gus Ipul, selebihnya relatif sulit," tambahnya.

Baca Juga: Menangis Darah, Bocah Ini Terserang Penyakit Aneh
Terkuak! Filsuf Confucius Sekampung Halaman dengan 'Raksasa'

Kendati demikian, lanjutnya, konstalasi politik di Jawa timur masih dinamis, sehingga dukungan yang sifatnya dari tingkat daerah tidak bisa menjadi acuan, pasalnya untuk tingkat Pilgub Jatim semua akan bermuara pada tingkat DPP.

"Politik di Jatim masih mencair. Saat ini belum bisa dilihat dukungan resmi parpol kepada masing-masing kandidat, bagaimanapun nantinya kan berpulang ke DPP, apapun manuver politiknya saat ini," tandasnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa kesempatan PDIP sering menyatakan telah nyaman untuk berkoalisi dengan PKB dalam Pilgub Jatim, khususnya untuk mengusung Gus Ipul sebagai cagub Jatim mendatang. Bukan hanya tingkat DPD, Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto juga menyatakan hal yang sama, yaitu nyaman bersama PKB dalam Pilgub Jatim mendatang. (Muhammad Mukied).

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Terkuak, Tri Rismaharini Bukan Jagoan PDIP di Pilgub Jatim Terkuak, Tri Rismaharini Bukan Jagoan PDIP di Pilgub Jatim
PDIP Surabaya Daftarkan Risma di Pilgub Jatim PDIP Surabaya Daftarkan Risma di Pilgub Jatim
Daftar Cawagub,'Sinyal' Kusnadi Dampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim Daftar Cawagub,'Sinyal' Kusnadi Dampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim

#Pilgub Jatim #Pilkada Serentak 2018 #Tri Rismaharini #PDI Perjuangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar