BNPB Nilai Masyarakat Semakin Baik Hadapi Bencana

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho (arah.com/Ratih Prastika)

Arah -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menilai masyarakat di wilayah rawan bencana semakin baik dalam menghadapi potensi bencana di daerahnya.

"Contohnya masyarakat di Gunung Sinabung. Saat ini, kita bisa lihat mereka sudah semakin tangguh dalam menghadapi bencana letusan gunung," kata Sutopo di Jakarta, Senin (8/9).

Sutopo mengatakan masyarakat Gunung Sinabung sudah berpengalaman menghadapi letusan gunung tersebut, sehingga sudah bisa memperkirakan daerah mana saja yang betul-betul berbahaya.

Karena itu, meskipun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah menetapkan zona berbahaya pada radius tertentu, masyarakat tetap keluar masuk daerah tersebut yang dinilai masih aman.

"Idealnya zona berbahaya pada radius tersebut memang dikosongkan. Namun, saat masyarakat mengungsi, mereka kan harus tetap memiliki penghidupan. Penghidupan mereka adalah lahan pertanian di atas gunung itu," tutur Sutopo.

[baca_juga]

Akhirnya, meskipun PVMBG menetapkan lahan pertaniannya termasuk dalam radius zona berbahaya, masyarakat Gunung Sinabung yang sudah memiliki pengalaman dengan beberapa kali letusan sudah bisa memperkirakan ke mana awan panas akan meluncur.

"Mereka tidak akan masuk ke daerah yang diperkirakan dilalui awan panas. Meskipun masuk dalam radius zona berbahaya, tetapi tidak dilalui awan panas, mereka tetap akan masuk," katanya.

Karena itu, Sutopo menilai masyarakat yang kerap mengalami bencana seperti di Gunung Sinabung akan semakin tangguh dan memiliki daya antisipasi, termasuk menentukan waktu yang tepat untuk mengungsi dan kembali ke rumahnya. 

Berita Terkait

Aceh Mulai Dikepung Kabut Asap Aceh Mulai Dikepung Kabut Asap
Korban Banjir Bandang Membutuhkan Bantuan Peralatan Dapur Korban Banjir Bandang Membutuhkan Bantuan Peralatan Dapur
KA Jalur Selatan Jabar Aman Pasca Gempa KA Jalur Selatan Jabar Aman Pasca Gempa

#BNPB #Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) #bencana #Bencana Alam #hari kesiapsiagaan Bencana nasional #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar