Manfaat Senam Kegel yang Tak Terduga untuk Pria

Gambar ilustrasi olahraga

Arah - Senam Kegel merupakan senam yang bertujuan untuk melatih otot dasar panggul. Otot dasar panggul sendiri adalah sekumpulan otot yang terletak dalam dasar panggul dan berfungsi menyokong berbagai organ; seperti rahim (pada wanita), kandung kemih, dan saluran pencernaan (rektum). Seiring berjalannya waktu, otot dasar panggul dapat meregang, melemah, dan kehilangan tonus (tegangan) otot. Oleh karena itu, penting untuk melatih kekuatan otot dasar panggul.

Manfaat pertama senam Kegel adalah memperbaiki inkontinensia urine. Inkontinensia urine adalah ketidakmampuan menahan urine untuk keluar (secara awam dikenal dengan mengompol). Hal ini sering dirasakan saat batuk, bersin, atau mengangkat beban berat. Melakukan senam Kegel secara rutin akan meningkatkan tonus dan kekuatan otot dasar panggul, sehingga memperbaiki keluhan inkontinensia urine.

Selain urine, dapat juga terjadi inkontinensia alvi (anal incontinence) yang menyebabkan pembuangan feses kurang dapat dikendalikan. Senam Kegel pun berguna untuk kasus ini. Otot dasar panggul pada area anus yang kuat akan memperbaiki tonus dan kekuatan sfingter ani,kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin berfungsi untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada anus—sehingga membantu pengendalian saat buang air besar.

Baca Juga: Pahami 5 Sinyal yang Diberikan Tubuh Bahwa Kamu Wajib Olahraga
Peneliti: Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pada Saat Perut Kosong

Senam Kegel secara rutin akan membantu peredaran darah yang lancar pada area panggul, sehingga baik untuk kesehatan prostat. Selain itu, aliran darah yang lancar serta oksigenasi yang baik dan menjangkau otot dan jaringan dapat membantu proses. Bagi kamu yang memiliki gangguan, dianjurkan untuk melakukan Kegel.

Berita Terkait

Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa
Sandiaga Uno ingin Gaungkan Asian Games 2018 Sampai Kelurahan Sandiaga Uno ingin Gaungkan Asian Games 2018 Sampai Kelurahan
Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

#Olahraga #Olahraga Lari #kegiatan olahraga #pria tampan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar