Kunjungan Wisatawan ke Kalteng Diprediksi Tinggi Tahun Ini

Penumpang Pesawat (shutterstock)

Arah -  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan memprediksi kunjungan wisata tahun ini tinggi, apalagi provinsi ini menjadi tuan rumah sejumlah kegiatan nasional.

"Dengan banyaknya kegiatan nasional maka akan berdampak pada meningkatnya jumlah wisatawan. Mereka biasanya juga menyempatkan untuk berwisata di Kalimantan Tengah. Ini sangat bagus bagi daerah dan masyarakat," kata Guntur di Sampit, Sabtu.

Sejumlah kegiatan besar yang akan dilaksanakan di Kalimantan Tengah di antaranya Festival Budaya Isen Mulang pada 2-6 Mei di Kabupaten Kapuas, lomba Bintang Radio Nasional dan Asean pada 23 Juli dan temu karya kepala taman budaya dan pameran nasional di Ralangka Raya pada 12-16 September.

Peringatan Hari Museum yang dipusatkan di Museum Balanga Palangka Raya pada 12-16 September dan pemilihan duta pariwisata yang digelar akhir tahun nanti.

Saat kegiatan tersebut digelar, akan banyak tamu dari luar daerah yang datang ke Kalimantan Tengah. Momentum ini akan sangat menguntungkan karena membawa dampak ekonomi yang besar bagi pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat.

Selama di Kalimantan Tengah, para tamu-tamu tersebut menggunakan uang mereka untuk membayar hotel, transportasi, berbelanja dan berwisata. Makin banyak tamu atau pengunjung yang datang maka makin banyak pula pemasukan yang didapat daerah dan masyarakat.

Banyak objek wisata di Kalimantan Tengah yang diminati wisatawan lokal, luar daerah bahkan wisatawan asing. Selama ini objek wisata yang paling banyak diminati wisatawan asing adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan habitat alami satwa langka, yaitu orangutan.

Meski begitu, saat ini banyak objek wisata di daerah lain yang juga sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Untuk itulah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Kalimantan Tengah agar makin dikenal luas sehingga makin banyak wisatawan yang datang berkunjung.

[baca_juga]

"Objek-objek wisata di kabupaten Kotawaringin Timur juga bagus-bagus. Saya setiap kali datang ke kabupaten ini selalu menyempatkan untuk bersantai di ikon Jelawat. Wakil gubernur juga akan berkunjung ke objek wisata Pantai Ujung Pandaran," kata Guntur seperti dilansir Antaranews.

Guntur mengapresiasi keseriusan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam mengembangkan sektor pariwisata. Pemerintah provinsi selalu mendukung langkah pemerintah kabupaten yang ingin mengembangkan pariwisata daerah mereka.

Pengembangan sektor pariwisata akan membawa dampak besar dan luas terhadap sektor sektor lain seperti ekonomi, infrastruktur, perdagangan, jasa, peningkatan sumber daya manusia, menekan angka pengangguran, menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkait

Libur Akhir Tahun, Bus Dilarang Naik ke Objek Wisata Breksi Libur Akhir Tahun, Bus Dilarang Naik ke Objek Wisata Breksi
Pemkab Lumajang Targetkan Kunjungan 6,7 Juta Wisatawan Asing Pemkab Lumajang Targetkan Kunjungan 6,7 Juta Wisatawan Asing
Desa Nateh di Kalimantan Selatan Jadi Destinasi Wisatawan Desa Nateh di Kalimantan Selatan Jadi Destinasi Wisatawan

#wisata #Wisatawan #Pariwisata #Objek Wisata #wisatawan asing #Wisatawan Lokal #Dinas Pariwisata #Kalimantan Tengah #Gubernur Kalimantan Tengah #Sungai Kapuas #Transportasi #Kotawaringin Timur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar