Ketika Aksi Massa Semakin Dewasa

Arah -  Umat Islam kembali turun ke jalan dalam aksi yang diberi label Aksi Massa 299. Ini mengacu pada tanggal pelaksanaan yaitu 29 September, tepat pada hari Jumat.

Ribuan orang memadati Jl. Jenderal Gatot Subroto, persisnya di depan gedung parlemen.

Massa membawa isu soal bahaya latent komunis, serta antisipasi kebangkitan kembali Partai Komunis Indonesia (PKI). Massa juga menentang pemberlakuan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas).

Sebelumnya, aksi-aksi serupa ini oleh kelompok massa mana pun selalu dikesankan mengkhawatirkan. Orang dalam jumlah ribuan, memang berpotensi tak terkendali, memicu kericuhan bahkan bentrokan, serta kekacauan.

Namun umat Islam untuk kesekian kalinya kembali membuktikan kekhawatiran itu tak lagi berdasar. Seperti aksi massa umat Islam sebelumnya, kali ini pun menjadi pembuktian bahwa orang Islam bisa tertib. Lebih dari itu, kebersihan pasca-aksi dan keindahan taman kota yang dilintasi massa aksi juga tetap terjaga.

Baca Juga: Demo 299 Berjalan Tertib, DPR: Citra Indonesia Semakin Baik
Ratusan Massa Aksi Bela Ulama 96 Berbuka di Halaman Istiqlal
Kapolda Metro: Aksi 212 Berjalan Kondusif

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan bahkan menyebut, aksi massa Islam yang berjalan damai ini menunjukkan kedewasaan umat dalam berpolitik serta meningkatkan citra demokrasi Indonesia di mata dunia.

"Kita berikan apresiasi kepada seluruh pihak, termasuk peserta aksi yang menjaga ketertiban, dan aparat keamanan yang menjaga aksi kali ini menjadi tertib," kata Taufik dalam pernyataannya, di Jakarta, Jumat (29/9).

Berita Terkait

Soal Aksi 112, Wiranto: Jangan Sampai Ada Unjuk Rasa! Soal Aksi 112, Wiranto: Jangan Sampai Ada Unjuk Rasa!
Fadli Zon Angkat Bicara Tentang Larangan Kepolisian Soal Aksi 112 Fadli Zon Angkat Bicara Tentang Larangan Kepolisian Soal Aksi 112
Hadiri Aksi 112, Ini Tanggapan Anies Soal Salat Subuh Berjamaah Hadiri Aksi 112, Ini Tanggapan Anies Soal Salat Subuh Berjamaah

#aksi massa #Umat Islam #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar