Konsumsi 'Junk Food' Picu Risiko Kebutaan?

Arah -  Makanan cepat saji kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya bisa menyebabkan kebutaan. Seperti yang dialami seorang anak 11 tahun, ia hanya memakan daging dan kentang karena alergi dengan makanan, kebiasaan itu pun menyebabkan anak tersebut mengalami kebutaan karena kekurangan Vitamin A.

Dokter Eyal Cohen yang menangani anak itu terkejut melihat lapisan luar matanya sangat kering yang kornea matanya terganggu.
Dokter Cohen menjelaskan bahwa pola makan seperti ini membuat bocah lelaki itu kekurangan vitamin A.

[baca_juga]

Setelah diperiksa kadar vitamin A-nya hanya 14,3 mikrogram per desiliter (ug/dL), padahal normalnya 25,8 sampai 48,7 ug/dL.

"Kekurangan vitamin A sangat umum menjadi penyebab kebutaan. Tidak mendapatkan cukup vitamin A bisa menyebabkan kelainan pada retina," kata Cohen seperti dilansir dari FoxNews.

Untuk mengatasi kekurangan vitamin A, bocah tersebut diberi vitamin A dosis tinggi selama dua hari, yang terdiri dari 200.000 IU, dimana dosis normal vitamin A untuk anak laki-laki berusia 11 tahun adalah 2.000 IU setiap hari.

Enam minggu kemudian, kemampuan penglihatan anak laki-laki itu telah meningkat secara signifikan. Meski demikian Cohen mencatat bahwa gangguan penglihatan yang dialami anak lelaki itu mungkin tidak sepenuhnya dapat dikoreksi dengan memakai kacamata.

Berita Terkait

Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang

#junk food #Kebutaan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar