Meski Kontroversi, Film Animasi Kisah Hidup 'Bilal' Pukau Dunia

Arah - Barajoun Entertainment Animation Production House yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, akhirnya siap merilis film animasi 3D dengan judul Bilal.

Berkisah mengenai kehidupan sosok Bilal bin Rabah (Bilal Ibnu Rabah), seorang budak berkulit hitam yang akhirnya memeluk agama Islam. Bilal disebut sebagai salah satu orang terdekat dan terpercaya Nabi Muhammad SAW.

Para pengisi suara di dalam film ini adalah Adewale Akinnuoye-Agbaje sebagai Bilal dewasa, Jacob Latimore sebagai Bilal remaja, Ian McShane sebagai Umayya, Sage Ryan sebagai Safwan remaja, Thomas Ian Nicholas sebagai Saad, Michael Gross sebagai Okba, Cynthia McWilliams seabagai Hamama, dan masih banyak lagi.

Dikisahkan pada seribu tahun lalu, seorang laki-laki muda yang bermimpi untuk menjadi pejuang besar, diculik bersama adik perempuannya, Ghufaira. Mereka dibawa ke sebuah negeri yang jauh dari rumah, hingga dilempar ke dunia yang penuh keserakahan dan ketidakadilan. Bilal menemukan keberanian untuk mengangkat suaranya demi membuat perubahan.

Bilal terinspirasi oleh peristiwa nyata, tentang seorang pahlawan sejati yang selalu dikenang dalam waktu dan sejarah Islam. Tokoh utama digambarkan sebagai anak yang riang dan bermata cerah, namun selalu berimajinasi dan pada umur tujuh tahun sudah bisa menyulap. Suaranya adalah berkah baginya.

Bilal dan Ghufaira menyadari bahwa mereka terikat pada kekacauan dari keinginan orang paling berkuasa di Kota, Umayyah. Mimpi Bilal untuk kebebasan dan menjadi prajurit, disimpan jauh di dalam hatinya. Bilal pun menemukan keberanian untuk melewati segala tantangan yang ada.

Dikutip dari Dohanews, film 'Bilal' menuai kontroversi, dan bahkan dituntut oleh masyarakat, agar dilarang penayangannya di Qatar. Beberapa di antara mereka menilai film ini menghina dan keluar dari konteks Islam. 

Produser film mengatakan bahwa film 'Bilal' dibuat berdasarkan kisah nyata, akan tetapi tidak mengacu pada sejarah utuh sosok Bilal mengingat akan adanya potensi melenceng dari sejarah agama Islam. film 'Bilal' telah lebih dulu mencuri perhatian saat diputar di Festival Film Cannes, dan mendapat penghargaan sebagai Best Inspiring Movie dalam kategori Animasi.

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar