Wah! Ini Bunga Pertama yang Tumbuh di Luar Angkasa

Bunga Zinnia, bunga pertama yang tumbuh di luar angkasa. (Twitter/NASA)

Mark Watney, yang diperankan oleh Matt Damon, berhasil membangun ladang kentang di Mars, meski pada akhirnya gagal panen. Namun, itu semua hanya sepenggal kisah dalam film fiksi ilmiah "The Martian."

Lain cerita dengan Scott Kelly, seorang astronot NASA yang dilaporkan telah berhasil membawa bunga pertama yang bisa tumbuh di luar angkasa.

Kabar ini bak pelipur lara setelah tanaman zinnia—sejenis bunga aster— yang dibawa awak International Space Station (ISS) sebelumnya dilaporkan hampir mati.

Akhir tahun lalu, Space melansir, sejumlah awak mulai menanam tanaman zinnia di stasiun ruang angkasa internasional. Namun, setelah dua minggu, mulai timbul gejala tumbuhan tersebut punah akibat tingkat kelembaban yang terlalu tinggi dan sirkulasi udara yang terbatas.

Namun, Scott Kelly menyelamatkan muka NASA. Melalui kicauannya di Twitter, ia mengklaim telah berhasil menumbuhkembangkan bunga zinnia di ruang angkasa.

"Untuk pertama kali bunga telah tumbuh di ruang angkasa! #SpaceFlower #zinnia #YearInSpace," tutur Kelly dalam kicauannya.

Kelly mengambil alih penanganan tanaman zinnia, dan mengatakan pada NASA, ia yang memutuskan kapan tanaman itu disiram air dan meninggalkan jadwal yang sudah disepakati sebelumnya.

Di Indonesia, tanaman zinnia populer dengan sebutan bunga kertas. Bunga yang kerap ditemukan di semak-semak ini mudah ditemukan di Meksiko dan beberapa daratan Amerika Latin.

Berita unik lainnya hanya di arah.com

Berita Terkait

Pesawat 'Endeavour' Keliling Los Angeles dalam Video 2 Menit Pesawat 'Endeavour' Keliling Los Angeles dalam Video 2 Menit
Mengenang 'Astronot' Kelelawar Pertama yang ke Luar Angkasa Mengenang 'Astronot' Kelelawar Pertama yang ke Luar Angkasa
NASA Niat 'Bakar-bakar' Pesawat di Luar Angkasa NASA Niat 'Bakar-bakar' Pesawat di Luar Angkasa

#NASA #Badan Antariksa Nasional AS (NASA) #Luar Angkasa #International Space Station (ISS) #Badan Antariksa #Antariksa #unik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar