Sekolah Parlemen Tingkatkan Kualitas Legislatif, JK: Mubazir

Dok: Wapres Jusuf Kalla . (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Arah - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai sekolah parlemen untuk meningkatkan kualitas anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten dan kota seluruh Indonesia mubazir.

"Tidak perlu. Sebelum dipilih kan mereka harus mampu bicara soal DPR dan diadakan pelatihan oleh masing-masing partai," kata Wapres di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, masing-masing partai tentunya sudah membuat pelatihan kader, karena itu seharusnya tidak perlu lagi ada sekolah parlemen.

"Sebelum jadi anggota DPR, mereka harusnya sudah memahami apalagi kalau sudah jadi anggota DPR," tambahnya, seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Ketua DPR Ade Komaruddin mengatakan, Rapat Pimpinan DPR pada Kamis (25/8) salah satu agendanya membahas persiapan membuat sekolah parlemen, bertujuan meningkatkan kualitas anggota legislatif.

"Kami membahas persiapan membuat sekolah parlemen untuk meningkatkan kualitas anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten- kota seluruh Indonesia," kata Ade di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis.

Ade mengatakan, DPR akan segera mengkaji untuk pembentukan sekolah parlemen sehingga tujuannya untuk meningkatkan kualitas legislator bisa tercapai.

Menurut dia, diharapkan dengan Sekolah Parlemen itu, tiga fungsi anggota dewan bisa berjalan dengan baik yaitu pengawasan, anggaran dan legislasi.

Berita Terkait

Wapres JK Pastikan 177 Calhaj di Filipina Masih WNI Wapres JK Pastikan 177 Calhaj di Filipina Masih WNI
Mabuk di Hadapan Parlemen, Menteri Dalam Negeri Dipecat Mabuk di Hadapan Parlemen, Menteri Dalam Negeri Dipecat
Disebut Dukung Salah Satu Caketum Golkar, Jokowi Marah Besar Disebut Dukung Salah Satu Caketum Golkar, Jokowi Marah Besar

#DPR RI #Parlemen #Sekolah Parlemen #Wapres Jusuf Kalla

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar