Dede Yusuf Pastikan Virus Zika Belum Masuk ke Indonesia

Nyamuk dikembangbiakkan di dalam Pusat Vektor Kontrol Bersama untuk Penyakit Tropis Universitas Sun Yat-Sen-Universitas Negeri Michigan, "pabrik nyamuk" terbesar di dunia yang mengembangbiakkan jutaan nyamuk bakteri yang terinfeksi, dalam usaha melawan penyebaran virus seperti dengue dan Zika, di Guangzhou, Tiongkok, 28 Juli 2016. Foto diambil tanggal 28 Juli 2016. (ANTARA FOTO/REUTERS/Bobby Yip)

Arah - Ketua Komisi IX, Dede Yusuf memastikan Indonesia belum terkena dampak Virus Zika. Namun, dia mengingatkan agar pemerintah tetap waspada karena virus tersebut sudah jadi isu dunia.

"Pemerintah harus waspada karena telah menjadi isu internasional. Jadi harus ada beberapa hal yg harus dilakukan yaitu pertama, Travel warning ke beberapa negara tujuan," katanya di ruang rapat komisi IX DPR RI, Jakarta, Senin (5/9).

Lebih lanjut, dia berharap kepada pihak terkait untuk terus melakukan sosialisasi serta himbauan penanganan serta dampak bahaya dari virus zika, terutama bagi wanita hamil. Dan, saat ini, kata dia, pihaknya telah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian terhadap virus Zika jika dan bagaimana penanggulangannya apabila virus itu masuk ke Indonesia.

"Kami telah meminta ke Menkes agar melakukan penelitian untuk kita merespon jika zika itu masuk dan itu sudah dilakukan oleh Menkes telah mengkoordinir rumah sakit yang menjadi Embarkasi dari tempat penerbangan," jelasnya.

Terkait pemberitaan sebelumnya yang menyebut wilayah Jambi sudah ada yang terjangkit virus zika, Dede mengatakan hal tersebut negatif.

"Saya sudah cek dan negatif, itu kan dari suku anak dalam. Suku anak dalam itu kan lebih kuat dari kita, sehari-hari di hutan kan jadi rasanya tubuh mereka jauh lebih kuat dari kita," tuturnya. (Haryanto)

Berita Terkait

Malaysia Perkirakan Ada Lebih Banyak Kasus Zika di Asia Tenggara Malaysia Perkirakan Ada Lebih Banyak Kasus Zika di Asia Tenggara
Dede Yusuf: 'Wangsit' Pilgub Jabar Belum Turun Dede Yusuf: 'Wangsit' Pilgub Jabar Belum Turun
Cegah Kecelakaan saat Mudik, Ini Siasat Kemenkes Cegah Kecelakaan saat Mudik, Ini Siasat Kemenkes

#virus zika #Kementerian Kesehatan #Dede Yusuf

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar