Wow! Air Kencing Ternyata Bisa jadi Bahan Bakar Mobil

Ilustrasi urinoir atau tempat kencing. (Foto: fastcodesign)

Arah -  “Kencingin aja!” yang dulu merupakan becandaan anak remaja saat mobil mereka kehabisan bensin, namun tak ada uang untuk membelinya, sepertinya akan segera menjadi kenyataan. Sebuah tim peneliti dari University of the West of England di Bristol, Inggris, sudah membuktikan bahwa urin bisa menjadi sumber listrik.

Saat Festival Musik Glastonbury yang dihadiri ribuan penonton, mereka mengumpulkan urin dari 1.000 orang setiap harinya. Melalui sebuah proses kimia yang disebut sistem sel bahan bakar mikroba (Microba Fuel Cell/ MFC), urin tersebut bisa diubah menjadi energi listrik.

Baca Juga:
Pengelolaan F1 Dijual Dengan Harga Fantastis. Berapa?
Bukan Incar Uang, Kakek ini Nekad Merampok Karena .....

Listrik itu sudah digunakan untuk menyalakan lampu penerangan toilet. Listrik yang dihasilkan, juga bisa menjadi sumber energi pengisi baterai ponsel atau baterai lithium ion phosphate.

“Mikroorganisme sangat efisien dalam mengubah bahan organik menjadi energi, tetapi MFC yang punya kinerja paling baik hanya mampu mengubah 60% saja,” kata Profesor Ioannis Ieropoulos, kepala peneliti dan direktur Pusat BioEnergi Bristol.

Baca Juga:
Wow! Ada Robot Luar Angkasa di Sebuah Komet
Iko Uwais-Chelsea Islan Jalan Bareng ke Toronto. Ada Apakah?

Menurutnya, masih ada peluang besar untuk meningkatkan listrik yang dihasilkan dari proses kimia terhadap urin. Jika untuk menyalakan lampu cukup dengan urin dari 1.000 orang, maka untuk menghasilkan listrik yang bisa menggerakkan mobil diperkirakan perlu air seni dari 100.000 orang.

Penelitian ini juga mengungkapkan, limbah dari proses kimia ini sangat ramah lingkungan. “Efluen (air buangan) yang keluar dari MFC lebih bersih dari urin yang masuk, dan kandungannya lebih seimbang, sehingga bisa digunakan misalnya sebagai pupuk,” kata Ieropoulos.

Baca Juga:
Ayah Masukkan Anaknya ke Kantong Plastik Agar Bisa ke Sekolah
Ratu Kecantikan ini Dulunya Pembantu Rumah Tangga

Teknologi in sangat menjanjikan, sehingga pendiri Microsoft, Bill Gates dan istrinya Mellinda berminat mendanai penelitian lanjutan melalui Gates Foundation. Teknologi ini sudah digunakan untuk penerangan listrik, di negara-negara miskin dan banyak pengungsi korban konflik.

Berita Terkait

Bukan Mengincar Uang, Kakek ini Nekad Merampok Bank Karena ….. Bukan Mengincar Uang, Kakek ini Nekad Merampok Bank Karena …..
Ssst, Audi Siapkan Tiga Mobil 'Pembunuh' Tesla Ssst, Audi Siapkan Tiga Mobil 'Pembunuh' Tesla
Lupakan Skandal Emisi, Volkswagen akan Rilis 30 Mobil Listrik Lupakan Skandal Emisi, Volkswagen akan Rilis 30 Mobil Listrik

#urine #Mobil Listrik/ Elektrik #Fakta Unik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar