Kisah Azzahra, Atlet Renang Termuda Peraih Medali Emas PON 2016

Azzahra Permatahani, Atlet Renang Termuda Peraih Medali Emas PON 2016. (Foto: Arah.com/ Ratih Prastika)

Arah - Kecil-kecil cabai rawit. Peribahasa itu sangat tepat dilayangkan kepada peraih medali emas dari cabang renang putri di ajang Pekang Olahrag Nasional (PON) XIX Jawa barat.

Adalah Azzahra Permatahani. Gadis asal Riau ini sukses memberi kejutan di kejuaraan renang gaya bebas 800 meter wanita di PON XIX.

Remaja usia 14 tahun ini mengaku telah menekuni olahraga renang sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Kesukaannya pada olahraga renang, kata dia, ditularkan dari sang kakak.

"Dari TK saya belajar privat gitu. Awalnya lihat kakak-kakak tapi kok kayaknya berenang enak, jadi akunya ikut berenang juga," ujarnya saat ditemui arah.com di venue renang PON Jabar, UPI, Kamis (15/9).

PON Jabar jadi ‘panggung’ pertamanya dalam kejuaraan terbesar di Indonesia. Dan, langkah Azzahra tidaklah mudah hingga akhirnya dia bisa terlibat di pesta olahrga skala nasional ini.

"Waktu itu kan belum dapet juara. Terus akhirnya SD waktu itu ada lomba, akhirnya dapat tapi masih kecilkan. Sejak itu aku latihan-latihan terus. Ikut lomba-lomba terus jadi lomba dapet, dapet, dapet jadi terus, terus, terus," ungkapnya.

Berkat kerja kerasnya itu, gadis yang sekarang tengah duduk di bangku SMP itu mengaku bukan baru pertama kali mendapat gelar juara. Sebelumnya, dia juga sempat beberapa kali mendapatkan prestasi dalam bidang yang sama.

"Aku pernah ke Prancis waktu di Prancis dikirim dari Riau. Pernah juga PON Remaja waktu itu di Jakarta, Asean School Games di Palembang dan tingkat Asean di Thailand dapat 1 emas 3 Perak 1 perunggu," terangnya.

Usai mendapat emas dalam pertandingan di PON XIX Jabar ini, Azzahra mengaku bertujuan mengejar prestasi yang lebih tinggi lagi. Mimpinya tidak hanya di dalam negeri, lebih dari itu, Azzahra bertekad untuk bisa ikut di panggung sekelas Olimpiade.

"Dalam waktu dekat mungkin tahun depan, PON Remaja di Surabaya kalau goalnya pasti ya bisa ikut Olimpiade," pungkasnya.

Azzahra Permatahani meraih medali emas dalam PON XIX Jabar dalam kategori renang putri gaya bebas 800m. Dia berhasil mengalahkan delapan peserta lainnya dalam final dan menyabet gelar atlet renang termuda asal Riau dengan perolehan waktu 9:03:20, disusul kontingen Jawa Barat, dan Jawa Timur diposisi selanjutnya. (Ratih Prastika)

Berita Terkait

Pembukaan PON XIX Gratis Pembukaan PON XIX Gratis
Atlet Senam PON 2016 Ini Makan Dua Sendok Nasi Setiap Hari Atlet Senam PON 2016 Ini Makan Dua Sendok Nasi Setiap Hari
Pelari Asal Sumatera Utara Akan Beri Kejutan di PON XIX Pelari Asal Sumatera Utara Akan Beri Kejutan di PON XIX

#Atlet Renang #PON 2016 #PON Jawa Barat #PON Jabar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar