World Mime Day: Bahasa Untuk Semua

Kelompok Mixi Imajimimetheatre Indonesia yang juga anggota World Mime Organization tampil membawakan repertoar pantomime. ( ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Arah - Kelompok Mixi Imajimimetheatre Indonesia yang juga anggota World Mime Organization tampil membawakan repertoar pantomime "Bahasa Untuk Semua" pada 22 Maret yang diperingati sebagai World Mime Day di taman Vanda Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/3) malam.

Kelompok Mixi Imajimimetheatre mewakili Indonesia pada perayaan World Mime Day yang serentak dirayakan di 13 negara dunia dengan tema "Bahasa Untuk Semua". Peringatan ini pun merupakan bentuk penghormatan kepada dedikasi seniman pantomime dunia Marcel Marceau.

Marcel Mangel atau dikenal dengan nama panggung Marcel Marceau atau Mime Marceau, adalah satu dari sedikit seniman pantomim dunia yang paling terkenal.

Ia memopulerkan seni pantomim ke berbagai pelosok dunia dan ciptaannya banyak memberi pengaruh pada perkembangan seni modern. Teknik moonwalking yang dipopulerkan oleh Michael Jackson, misalnya, terinspirasi dari salah satu nomor karyanya. Marcel bahkan pernah melakukan pentas di Indonesia.

Marcel Marceau adalah mime legendaris, yang selamat dari pendudukan Nazi, ia banyak menyelamatkan anak-anak dalam Perang Dunia II. Dia memiliki gaya pantomim bergerak diantara penonton tanpa mengucapkan satu kata pun, dan dikenal dunia sebagai "master of silence."

Marcel Mangel lahir pada tanggal 22 Maret 1923, di Strasbourg, Alsace, Prancis, dan dibesarkan di Strasbourg dan Lille. Di sana ia diperkenalkan musik dan teater oleh ayahnya, Charles Mangel, tukang daging, yang juga penyanyi bariton dan pendukung seni dan musik. Ibunya, Anne Mangel, adalah orang Alsatian, dan keluarganya terbiasa menggunakan dua bahasa.

Pada usia 5 tahun, ibunya mengajak Marcel menonton film Charlie Chaplin, dan ia terpesona lalu memutuskan untuk menjadi mime. Sejak muda Marcel juga menyukai seni dan sastra, ia belajar bahasa Inggris selain Perancis dan Jerman.

Marcel Marceau dalam penampilan publik pertama yang besar untuk 3000 tentara setelah pembebasan Paris pada bulan Agustus 1944. Setelah perang, pada tahun 1946, ia terdaftar sebagai mahasiswa di Charles Dullin Sekolah Seni Drama di Sarah Bernhardt Theatre, Paris.

Pada tahun 1959, Marcel Marceau dirikan sekolah sendiri di Paris, lalu mendirikan Marceau Foundation untuk mempromosikan seni pantomim di Amerika Serikat. Pertunjukan terbarunya saat itu, pada tahun 2000-2001 menerima pujian besar. "Seni Diam" nya diisi karir akting yang luar biasa, berlangsung lebih dari 60 tahun.

Dia adalah seorang aktor, sutradara, guru, penerjemah, dan tokoh masyarakat, dan membuat tur yang luas di negara-negara di lima benua.

Di luar profesi mime nya, Marcel Marceau menjadi pembicara multibahasa dan komunikator yang hebat, yang mengejutkan ia bahkan piawai berpidato dalam beberapa bahasa dengan lancar.

Marcel Marceau meninggal di rumahnya di Prancis, pada 23 September 2007, dan dikebumikan di pemakaman Pere Lachaise di Paris, Prancis. 

Berita Terkait

#pantomim #World Mime Day #Mime

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar