Abbas: Tangan Kami Masih Terulur Buat Perdamaian dengan Israel

Pengunjuk rasa Palestina membawa bendera nasional sambil berlindung dari bentrokan dengan tentara Israel di pos pemeriksaan Qalandia dekat kota Ramallah, Tepi Barat, Selasa (6/10). (ANTARA/REUTERS/Mohamad Torokman )

Arah - Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Sabtu larut malam (1/10) mengatakan tangan orang Palestina masih terulur bagi perdamaian dengan Israel setelah Israel menutup pintu buat dialog.

"Mereka (orang Israel) tidak menghapuskan kami dan kami pun tidak menghapuskan mereka, mereka memiliki negara dan kami juga punya," kata Abbas dalam satu taklimat yang diselenggarakan pada Sabtu di Kota Bethlehem, Tepi Barat Sungai Jordan.

"Pintu bagi dialog dengan Israel tertutup, tapi kami tidak menutupnya dan tangan kami masih terulur buat perdamaian," katanya, seperti dikutip Antara.

Abbas menambahkan dilanjutkannya dialog dengan Israel harus dilandasi atas dihentikannya pembangunan permukiman, penerapan dan dihormatinya semua kesepakatan dan persetujuan perdamaian yang lalu.

"Jika Israel tidak menghormati dan menerapkan semua kesepakatan yang sederhana, bagaimana Israel dapat menghormati kesepakatan perdamaian permanen," kata Abbas, sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad malam.

Ia menyatakan orang Palestina jujur dengan menyerukan dialog dan pertemuan yang dilandasi atas dihentikannya pembangunan permukiman dan dilaksanakannya semua kesepakatan perdamaian terdahulu serta dihormatinya.

Pada 3 Juni, satu pertemuan internasional tingkat menteri diselenggarakan di Prancis dengan diikuti oleh 25 menteri luar negeri, termasuk dari empat negara Arab, untuk membahas dihidupkannya kembali perdamaian antara Israel dan orang Palestina.

Pertemuan tersebut diselenggarakan sejalan dengan gagasan yang diajukan oleh Prancis beberapa bulan lalu dengan tujuan mengadakan konferensi internasional bagi perdamaian di Timur Tengah dan untuk menermukan satu mekanisme internasional guna menyelesaikan konflik di wilayah itu.

Berita Terkait

Ditolak Israel, Menlu RI Temui Palestina di Jordania Ditolak Israel, Menlu RI Temui Palestina di Jordania
Ketegangan Meningkat di Sepanjang Perbatasan Jalur Gaza-Israel Ketegangan Meningkat di Sepanjang Perbatasan Jalur Gaza-Israel
Lawan Klub Israel, Pendukung Celtic Kibarkan Bendera Palestina Lawan Klub Israel, Pendukung Celtic Kibarkan Bendera Palestina

#Israel #Israel-Palestina #Konflik Palestina-Israel #Sikap Israel #kemerdekaan palestina #palestina #Mahmoud Abbas

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar