Keganasan Buaya Muara Resahkan Warga Sampit

Ilustrasi Buaya (Foter/laradanielle)

Arah -  Keganasan buaya muara kembali meresahkan masyarakat yang beraktivitas di Sungai Mentaya Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Beberapa hari lalu ada warga yang disambar buaya saat mandi di sungai. Untungnya berhasil selamat meski luka di kaki bekas gigitan buaya," ujar Rahmat, salah satu warga Sampit, Selasa.

Sabtu (1/10) lalu, sambaran buaya terjadi di perairan sekitar Sungai Lemiring Kecamatan Seranau. Seorang warga bernama Pepet (17), disambar buaya ketika sedang mandi di anak sungai Mentaya itu.

Korban sama sekali tidak menyangka akan mengalami hal buruk itu. Tiba-tiba buaya berukuran cukup besar menerkam bagian kaki hingga pahanya.

Saat kejadian, korban sempat meraih bambu yang ada di lanting terapung tempatnya mandi sehingga cukup menyulitkan buaya menariknya ke dasar sungai. Buaya itu melepaskan gigitannya dan masuk ke dalam air ketika banyak warga berdatangan setelah mendengar teriakan korban.

Beberapa waktu lalu di sekitar kawasan itu juga terjadi insiden serupa. Seorang warga Desa Pelangsian disambar buaya saat membawa rotan di sungai, beruntung dia sempat menusuk mata buaya menggunakan jarinya sehingga binatang buas itu melepaskan gigitannya di tangan korban.

"Masyarakat memang sering melihat buaya muncul, tapi karena harus mandi dan melakukan aktivitas lainnya, masyarakat harus tetap ke sungai. Bingung juga mau bagaimana lagi, kalau bisa buaya-buaya itu direlokasi ke hutan yang tidak ada permukiman," harap Rahmat seperti dikutip Antara.

Serangan buaya di kawasan muara Sungai Mentaya cukup tinggi. Hampir tiap tahun ada korban jiwa, bahkan beberapa di antaranya jasadnya tidak ditemukan hingga kini.

Habitat buaya muara diperkirakan berada di kawasan Pulau Lepeh karena masyarakat sering melihat buaya bermunculan dan berjemur di daratan kecil yang berada di tengah Sungai Mentaya itu. Serangan buaya meningkat diduga akibat makin sulitnya mendapatkan makanan sehingga buaya berburu mangsa hingga ke kawasan permukiman.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam sudah memasang rambu peringatan terkait ancaman buaya di sejumlah titik. Masyarakat yang beraktivitas di sungai diminta lebih hati-hati, khususnya saat sore dan malam hari.

Berita Terkait

Hii.. Ngeri! Tangan Wanita Ini Nyaris Putus Digigit Aligator Hii.. Ngeri! Tangan Wanita Ini Nyaris Putus Digigit Aligator
Diserang Buaya Saat Memancing, Nelayan Luka Parah       Diserang Buaya Saat Memancing, Nelayan Luka Parah
Bocah Berusia Dua Tahun Tewas Diserang Buaya Bocah Berusia Dua Tahun Tewas Diserang Buaya

#Buaya Muara #Korban Serangan Buaya #Serangan Buaya #Buaya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar