Ahok-Djarot Potensi Kalah Pilkada Jika...

Fitri Hari (kiri), Adjie Alfaraby (kanan) saat Gelar Konferensi Pers Hasil Temuan dan Analisis Survey Nasional Lingkaran Survey Indonesia Denny JA, Selasa (4/10) di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur. (Foto: arah.com/Dani Hermansyah)

Arah -  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menggelar konferensi pers hasil temuan dan analisis terkait dengan laporan survei yang menunjukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Djarot Saiful Hidayat berpotensi kalah.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sekaligus pembicara dalam acara tersebut, Adjie Alfaraby, menyebut survey tersebut dilakukan tepat setelah pasangan calon mendaftarakan diri ke KPU DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

"Survey ini dlakukan tepat setelah sehari pendaftaran calon," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat memaparkan hasil survei di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (4/10).

Dalam diskusi tersebut LSI memaparkan analisis survei terbaru mengenai calon petahana Ahok-Djarot di Bulan Oktober 2016. Disebutkan bahwa eleketabilitas Ahok pribadi merosot di angka 31,1%.

"Ia (Ahok) memang masih di atas Agus sebesar 22,30 persen dan Anies sebesar 20,20%. Namun, hanya Anies ditambah Agus (42,5%) sudah mengalahkan Ahok (31,1%) dengan selisih 11,4 %. Selisih ini marginnya double digit, di atas 10%," pungkas Adjie.

Namun, Adjie menuturkan bahwa jika berpasangan, pasangan Ahok-Djarot juga hanya unggul tipis saja terhadap pasangan lainnya. Ahok-Djarot 31,4 persen, Anies-Uno sebanyak 21,1 persen dan Agus-Sylvi sebanyak 19,3 persen. Pemilih yang belum memutuskan totalnya sebanyak 28,2 persen.

"Angka ini angka yang tidak aman, karena selisihnya di bawah 20 persen. Incumbent aman kalau selisih di atas 20 persen," ungkapnya.

Menurutnya, semua paslon memiliki potensi lolos ke putaran kedua. Begitupun semua pasangan calon berpotensi gugur pada putaran pertama, termasuk Ahok.

"Tidak ada yang unggul diatas 50 persen. Namun diputaran pertama. Siapapun kini bisa tersingkir. Jika Ahok terus menurun, Ahok pun bisa tersingkir di putaran pertama," tutup Adjie.(Dani Hermansyah)

Berita Terkait

Ahok: Sandiaga Dulu Ngemplang Pajak Ahok: Sandiaga Dulu Ngemplang Pajak
Anies : Masyarakat Tak Dilibatkan Menyelesaikan Masalah Jakarta Anies : Masyarakat Tak Dilibatkan Menyelesaikan Masalah Jakarta
Saksi Ahli Beri Keterangan di MK, Ahok: Saya Puas Saksi Ahli Beri Keterangan di MK, Ahok: Saya Puas

#Ahok-Djarot #Agus Yudhoyono-Sylviana Murni #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Pilkada Serentak 2017 #pilkada jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar