Punya Samudera, 'Bumi Kedua' Ini Diyakini Ilmuwan Layak Huni

Ilustrasi planet Proxima B, bintang Proxima Centauri, dan Alpha Centauri AB, yang dibuat oleh artis M. Kornmesser. (ESO/nasa.gov)

Arah -  Teka-teki tentang Planet 'Proxima b' tetap misterius. Namun, temuan demi temuan yang ditemukan para ilmuwan terus mencengangkan.

Studi yang terbaru, planet berjarak empat tahun cahaya (atau sekitar 40 triliun kilometer) dari Bumi itu diduga memiliki unsur-unsur kehidupan serupa dengan Bumi, seperti beberapa samudera air dan atmosfer tipis yang sarat akan gas.

Sebuah tim, termasuk kelompok astrofisika CNRS telah mengalkulasi ukuran dan unsur-unsur pada permukaan Proxima b --yang juga disebut-sebut sebagai "Bumi Kedua"-- hingga disimpulkan ada samudera seperti di Bumi.

Belum diketahui berapa temperatur udara di Proxima b, exoplanet yang berada di perbintangan Alpha Centauri--tetangga terdekat dari Tata Surya.

Proxima b diperkirakan memiliki massa sekitar 1,3 kali Bumi, dan mengorbit sekitar 7,5 juta kilometer dari bintang-bintangnya, atau setara dengan sepersepuluh jarak Merkurius ke Matahari.

"Tapi, tak berarti jarak yang begitu dekat membuat planet Proxima b sepanas Merkurius atau 10 kali lipatnya, karena ada air di sana, masih berbentuk cairan," tulis CNRS dalam pernyataan.

"Jumlah airnya bukan sedikit, tetapi bisa dibilang hampir tiap sudut planet ini mengandung air di permukaan, oleh karena itu hampir pasti ada kehidupan di sini," papar CNRS.

Berdasarkan temuan itu, yang dipapar lengkap di jurnal The Astrophysical Journal Letters, ilmuwan menyimpulkan bahwa manusia perlu mengirimkan robot ke sana untuk eksplorasi lebih jauh.

Pasalnya, Proxima Centauri juga diyakini lebih kecil dan 1.000 kali lebih lemah dari tenaga Matahari, yang berarti Proxima b diramalkan menjadi exoplanet yang masuk akal dan layak huni manusia sampai detik ini.

Berita Terkait

'Bumi Kedua' Telah Ditemukan? ESO: Kami akan Jumpa Pers 'Bumi Kedua' Telah Ditemukan? ESO: Kami akan Jumpa Pers
Kenapa Permukaan Planet Merkurius Gelap? Ini Penjelasannya Kenapa Permukaan Planet Merkurius Gelap? Ini Penjelasannya
Menguak Misteri 'Planet 9', Anggota Terbaru di Tata Surya Menguak Misteri 'Planet 9', Anggota Terbaru di Tata Surya

#Planet Baru #Planet #Hunian Masa Depan #Objek Antariksa #Antariksa #Luar Angkasa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar