Diapresiasi UNESCO, Bandung Jadi Kota Percontohan Dunia

Ridwan Kamil.

Arah - Kota Bandung diundang oleh Organisasi PBB yang menaungi kebudayaan (UNESCO) menjadi kota percontohan dunia di Bali, kemarin (11/10/2016).

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Kota Bandung diapresiasi karena dianggap bisa menyeimbangkan pembangunan dari sisi infrastruktur dan dari sisi budaya dan kemanusiaan.

"Karena banyak kota-kota maju di dunia yang keren secara infrastruktur ternyata dari sisi budaya membuat warganya tidak bahagia," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu (12/10/2016).

Ia mengambil contoh beberapa negara seperti data dari Google, Singapura ternyata 42 persen warganya ingin pindah dari negaranya. Juga Korea Selatan lanjutnya, yang ternyata tingkat bunuh dirinya nomor dua tertinggi di dunia.

Kang Emil, sapaan akrabnya, menambahkan apa yang ditunjukkan negara tersebut, antara yang diciptakan diperlihatkan secara fisik itu tidak berhubungan dengan keseimbangan batin dan budaya.

"Bandung ini diapresiasi walaupun tidak Sunda pisan tapi di sini mah segala aya (serba ada). Nah kemarin yang diapresiasi kemarin saya mempersatukan itu," terangnya.

"Taman dibanyakin, Maghrib mengaji juga digalakkan, trotoar dibersihkan festival tidak dipusatkan, disebarkan di wilayah sehingga orang bisa bahagia walaupun tidak terpusat," tambahnya.

Menurutnya apa yang dirasa biasa saja oleh sebagian masyarakat Bandung, dianggap istimewa untuk negara lain.

"Maka Bandung dijadikan percontohan dunia (karena) menyeimbangkan itu. Sehingga indeks kebahagiaan kita diapresiasi oleh UNESCO sebagai salah satu parameter mengukur kemajuan" terangnya.

Ia juga mengatakan meskipun dari segi infrastruktur masih berjalan namun ia berusaha mencukupi mengejar meningkatkan indeks kebahagiaan.

"Jadi intinya kalau kita ingin maju seimbangkan lah, Harmoni dengan Tuhan, Harmoni dengan alam dan Harmoni dengan manusia. Jadi boleh infrastruktur masih tertatih-tatih tapi urusan Happiness segala aya, lahir batin kita ini lengkap," katanya. (Ratih)

Berita Terkait

Sosok Ridwan Kamil 'KW' Buat Geger Penumpang Kereta Api Sosok Ridwan Kamil 'KW' Buat Geger Penumpang Kereta Api
Begini Cara Ridwan Kamil Jual Produk Lokal Bandung ke Pasar ASEAN Begini Cara Ridwan Kamil Jual Produk Lokal Bandung ke Pasar ASEAN
Gubernur Jawa Barat Minta Kasus Penamparan Diselesaikan Baik-Baik Gubernur Jawa Barat Minta Kasus Penamparan Diselesaikan Baik-Baik

#Walikota Bandung #Bandung #Ridwan Kamil #Kang Emil #UNESCO

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar