Mewah! Inilah Penjara 'Rasa' Hotel Bintang Lima

Gedung penjara Sollentuna di Swedia. (Foto: pinterest.com)

Arah -  Sidang Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (17/10), yang mengagendakan penyampaikan replik dari jaksa, diwarnai hal mengejutkan. Jaksa mengungkap fasilitas yang disebutnya mewah, yang dinikmati terdakwa selama berada di dalam tahanan.

"Sehingga tak seharusnya terdakwa mengeluhkan kerja penegak hukum," kata jaksa Meilani Wuwung. Dalam persidangan, jaksa juga menunjukkan sejumlah foto saat Jessica berada dalam tahanan tersebut.

Di Indonesia, fasilitas mumpuni bagi tahanan atau narapidana, memang bisa dibilang sebuah kemewahan. Apalagi umumnya rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan di Indonesia, dihuni melebihi kapasitas sesungguhnya. 

Namun tidak demikian di sejumlah negara khususnya di Eropa Barat, terutama di kawasan Skandinavia. Penjara di sana tercatat sebagai yang paling mewah di dunia, sehingga bangunan dan fasilitasnya seperti hotel bintang lima.

1. Penjara Leoben di Austria

Fasilitas gym di penjara Leoben, Austria. (Foto: atlasobscura.com)

Foto ini bukanlah fasilitas gym di hotel bintang lima, melainkan ada di penjara Leoben. Ini hanya merupakan salah satu fasilitas mewah di penjara ini, selain fasilitas lain yang memang tidak kalah dengan apa yang dimiliki hotel berbintang pada umumnya. Penjara Leoben Justice tersebut merupakan kreasi arsitek Josef Hohensinn, penjara ini selesai dibangun pada November 2004 dan hanya menampung 250 narapidana.

Di penjara ini narapidana dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada dipenjara tersebut. Sang arsitek Josef Hohensinn juga miliki tujuan khusus dalam pembangunan gedung penjara yang tampak modern ini, dimana gedung ini memungkinkan para narapidana untuk duduk bersantai melihat pemandangan hijau dari kaca bening serta menghirup udara segar.

2. Penjara Sollentuna di Swedia

Gedung penjara Sollentuna di Swedia. (Foto: pinterest.com)

Penjara Sollentuna, mungkin menjadi penjara termewah di Swedia yang dilengkapi dengan fasilitas layaknya hotel, mulai dari lemari, kasur, dapur, televisi,tempat nge gym sekalipun ada di dalam penjara ini.


Interior penjara Sollentuna di Swedia. (Foto: RtoZ.org)

Selain itu penjara ini juga memiliki keberisihan, kenyaman, dan juga kesan mewah layaknya ruang VIP di hotel berbintang. Para narapidana di penjara ini juga bebas mengguna semua fasilitas yang ada di gedunng penjara tersebut.

Selain Sollentuna, penjara-penjara lain di Swedia secara umum memiliki fasilitas yang sangat layak. Meski demikian, tentu saja tak membuat orang mau tinggal di dalamnya. Terbukti hingga 2013 lalu, pemerintah Swedia harus menutup 4 penjara karena tak ada narapidana yang menghuninya.

3. Penjara Halden di Norwegia

Gedung penjara Halden di Norwegia. (Foto: thestoryinstitute.com)

Penjara yang berada di Norwegia ini sama sekali tidak terlihat seperti sebuah penjara yang memiliki kesan kumuh dan menyeramkan. Penjara Halden tersebut menjadi salah satu penjara terbaik di Norwegia dan mungkin juga di dunia.


Para Napi sedang berbincang di dalam penjara Halden, Norwegia. (Foto: thestoryinstitute.com)

Penjara Halden dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang sangat memadai seperti ruang TV, Sound system, perpustakaan yang nyaman, dapur dan kamar mandi yang bersih. Selain itu, penjara ini juga memberikan fasilitas khusus bagi para keluarga narapidana yang ada disana.


Taman yang menjadi salah satu bagian dalam dari penjara Halden di Norwegia. (Foto: thestoryinstitute.com)

Berita Terkait

Ahli Psikiatri RSCM: Jessica Lolos Lie Detector Karena... Ahli Psikiatri RSCM: Jessica Lolos Lie Detector Karena...
Ayah Mirna Ancam Saksi Ahli Dari Jessica Wongso Ayah Mirna Ancam Saksi Ahli Dari Jessica Wongso
Ini Yang Digambar Jessica Ketika Jalani Tes Tim Psikolog Ini Yang Digambar Jessica Ketika Jalani Tes Tim Psikolog

#Narapidana #Penjara #Tahanan #Sidang Jessica Wongso #Jessica Wongso

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar