Microsoft akan Akuisisi Linkedin, Uni Eropa: Tunggu Dulu!

Kantor pusat LinkedIn.com di Mountain View, California, AS. (Foter/redtouchmedia)

Arah - Rencana aksi korporasi Microsoft mengakuisisi LinkedIn tinggal menunggu persetujuan Uni Eropa. Saat ini, draft akuisisi senilai 26 miliar dolar AS (setara Rp339 triliun) itu masih ditinjau oleh Uni Eropa (EU) terkait faktor kelaikan nilai akuisisi terhadap jejaring sosial profesional itu.

Mengutip Wall Street Journal, Komisi Eropa akan mempelajari dan meneliti merger yang melibatkan migrasi data pengguna besar-besaran dari LinkedIn--termasuk pengguna di Eropa.

Kepala Pengawas Kompetisi Uni Eropa Margrethe Vestager menjelaskan bahwa Komisi tidak akan mengambil tindakan apa-apa pada perusahaan hanya semata-mata karena data, tapi itu bisa jadi aset terbesar yang diincar karena sulit didapatkan Microsoft dari tempat lain.

"Data bisa menjadi pertimbangan penting dalam proses merger karena sangat berpengaruh pada kompetisi," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, proses penyelidikan terhadap akuisisi Microsoft-LinkedIn bermula saat Salesforce mengajukan keberatan kepada regulator Eropa terkait rencana tersebut, pasalnya akan mengubah peta kompetisi dan sarat monopolistis, demikian dikutip Bloomberg, Sabtu (22/10).

Namun, Microsoft optimistis rencana akuisisi terhadap LinkedIn akan tetap berjalan mulus.

"Kami yakin memperoleh persetujuan regulasi Uni Eropa sebelum akhir tahun ini," kata Brad Smith, Microsoft President and Chief Legal Officer.

Sebelumnya, CEO Microsoft Satya Nadella telah mengungkap alasan Microsoft berambisi untuk "meminang" LinkedIn sejak lama.

Microsoft punya peranti lunak Word dan Powerpoint yang sudah lumrah dipakai untuk bekerja, sementara LinkedIn memiliki 433 juta jaringan profesional.

Sudah tentu, menurut Satya, ini menjadi kombinasi ideal untuk mengaktifkan dari sisi penjualan, pemasaran dan lain sebagainya dalam satu ekosistem.

"LinkedIn dan Microsoft benar-benar berbagi misi. Membantu orang bekerja lebih efisien," ujar CEO Microsoft Satya Nadella, seperti dikutip dari Reuters.

Berita Terkait

Deal! Microsoft Beli LinkedIn Deal! Microsoft Beli LinkedIn
Wow! Google-Facebook Bangun Serat Optik dari LA ke Hong Kong Wow! Google-Facebook Bangun Serat Optik dari LA ke Hong Kong
Gagal, Nokia 'Kuras' Uang Microsoft Rp108 Triliun Gagal, Nokia 'Kuras' Uang Microsoft Rp108 Triliun

#LinkedIn #microsoft #Akuisisi LinkedIn #Perkembangan Teknologi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar