Ini Mekanisme Pengundian Nomor Urut Cagub yang akan Digelar KPUD

Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno (kedua kanan), bersama Anggota Moch Sidik (kanan), M. Fadililah (kedua kiri) dan Sekretaris Martin Nurhusin (kiri) memberi keterangan pers mengenai penetapan pasangan calon gubernur DKI Jakarta, di KPUD Jakarta, Jumat (21/10). (Foto: Antara Foto/ Rosa Panggabean)

Arah - Komisioner KPU DKI Bidang Pencalonan dan Sosialiasi, Dahliah Umar menjelaskan mekanisme pasangan calon yang akan melakukan pengundian dan pengumuman nomor urut yang akan dilaksanakan, Selasa (25/10) di Jakarta Expo Kemayoran, pada pukul 18.00 WIB.

"Acara akan kita buka seperti biasa, kemudian kita lanjutkan dengan pengundian nomor urut. Pengundian nomor urut itu ada prosesnya," kata Dahlia di kantornya, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (25/10).

"Jadi pertama tidak langsung mengambil nomor urut, tetapi pasangan calon itu kita tugaskan atau kita minta untuk mengambil nomor urut untuk pengambilan nomor urut, jadi nomor antrian untuk pengambilan nomor urut, tidak langsung mengambil nomor urut," ujarnya.

Lebih lanjut, Dahlia menuturkan urutan pengambilan nomor urut didahului bagi paslon yang sebelumnya melakukan pendaftaran ke Kantor KPU DKI.

"Berdasarkan urutan yang mendaftar jadi nanti yang mengambil untuk pengundian nomor urut itu pertama pak Basuki-Djarot, yang kedua Pak Agus-Bu Sylviana, yang ketiga Pak Anies dan Pak Sandi," tambah Dahlia.

Dahlia menambahkan, bagi pasangan calon dipersilahkan untuk terlebih dahulu mengambil nomor undian yang kemudian mengambil nomor urut.

"Jadi mereka mengambil dulu nomor undian sebelum pengambilan nomor urut, kemudian kalau sudah mengambil nomor urutan, baru dengan urutan itu kita minta untuk mengambil nomor urut Pasangan calon," ujar Dahlia.

Dengan demikian, barulah KPU DKI dapat menetapkan nomor urut pasangan calon, yang kemudian diumumkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat.

"Baru kemudian kita akan tetapkan siapa saja yang mendapatkan nomor urut 1, 2, dan 3, kita umumkan dan akan kita publikasikan selanjutnya sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa ini loh calon gubernur-wakil gubernur nomor urut satu, dua, dan tiga," tutup Dahlia.

Diketahui, KPU DKI Jakarta resmi menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti Pilkada 2017. Tiga cagub dan cawagub yang ditetapkan adalah Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Dani Hermansyah)

Berita Terkait

BNN Imbau Agar Cagub-Cawagub DKI Kampanye Soal Antinarkoba BNN Imbau Agar Cagub-Cawagub DKI Kampanye Soal Antinarkoba
LSI: Agus-Sylviana Menang di Kategori 'Wong Cilik' LSI: Agus-Sylviana Menang di Kategori 'Wong Cilik'
LSI: Jika Suara Anies-Agus Bergabung, Ahok Kalah LSI: Jika Suara Anies-Agus Bergabung, Ahok Kalah

#Agus Yudhoyono-Sylviana Murni #Ahok-Djarot #Pilgub DKI Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #pilkada serentak

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar