Sidang Gugatan Praperadilan La Nyalla Segera Digelar

Massa dari Pemuda Pancasila berkonvoi menuju Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/3). (Antara/Didik Suhartono)

Arah -  Pengadilan Negeri Surabaya siap menggelar sidang gugatan praperadilan yang diajukan Ketua Kadin Jatim La Nyalla Matalitti ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Gugatan itu terkait kasus dugaan korupsi pembelian saham Initial Public Offering (IPO) Bank Jatim senilai Rp5 miliar.

Humas Pengadilan Negeri Surabaya Efran Basuning, mengatakan rencananya sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Surabaya pada Rabu (30/3/2016) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Sidangnya seperti sidang praperadilan lainnya dengan dipimpin oleh Ferdinandus sebagai hakim tunggal pada sidang praperadilan ini," katanya.

Dia menjelaskan pada persidangan praperadilan nanti pihaknya tidak mempersiapkan ruangan khusus dan sidang akan berjalan seperti pada persidangan umumnya.

"Namun kami menyiapkan pengamanan di luar keamanan PN Surabaya, bila mendapatkan informasi adanya kerawanan pada jalannya persidangan," katanya.

Disinggung terkait dengan adanya pemantauan dari Komisi Yudisial terkait dengan persidangan praperadilan ini dirinya mengatakan tidak ada masalah.

"Tidak ada masalah kalau ada pemantauan dari Komisi Yudisial. Itu malah lebih baik supaya persidangan ini bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Dijelaskan Efran, persidangan praperadilan La Nyalla akan berlangsung sepekan, terhitung sejak persidangannya digelar.

"Kalau sidang praperadilan itu maksimal tujuh hari harus sudah ada putusan," jelasnya.

Di tempat terpisah, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim I Made Suarnawan mengatakan akan mempersiapkan tim untuk mengikuti persidangan ini.

"Tentunya kami akan mempersiapkan tim untuk mengikuti persidangan praperadilan ini," katanya.

Terkait dengan kasus dugaan korupsi, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur telah menetapkan La Nyalla sebagai tersangka dengan status daftar pencarian orang (DPO). Penetapan status tersebut dikeluarkan setelah Kejaksaan gagal melakukan upaya penjemputan paksa tersangka di tempat tinggalnya. (Antara)

Berita Terkait

Kejagung Belum Terima Laporan Kasus La Nyalla Kejagung Belum Terima Laporan Kasus La Nyalla

#La Nyalla Mattalitti #Ketua PSSI #Kasus Korupsi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar