KONTRAS Apresiasi Penjelasan SBY Terkait Munir

Dok. Istri almarhum Munir, Suciwati di Komisi Informasi Pusat di Jakarta, Senin (10/10). (arah.com/Wildan)

Arah -  Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengapresiasi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang menggelar konferensi pers untuk menjelaskan terkait dokumen tim pencari fakta kasus kematian Munir.

"Kontras secara organisasi berterima kasih kepada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan tim kabinetnya yang sudah menjelaskan secara kronologi proses penanganan, capaian dan kerja kerasnya untuk mengungkap kasus kematian Munir," kata Koordinator Kontras Haris Azhar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Namun demikian, lanjutnya, Kontras menyayangkan alangkah baiknya jika penjelasan serupa juga bisa dilakukan jauh-jauh hari untuk mengingatkan pemerintahan Joko Widodo yang melanjutkan tongkat estafet penyelidikan kematian Munir, atas apa dan bagaimana langkah lanjutan yang harus dilakukan pada proses penegakan hukum yang belum selesai ini.

Dikutip antara, Haris memaparkan, bagi Kontras, kasus kematian Munir masih menyisakan ketidakjelasan dan kejanggalan, mengandung unsur dan peran kejahatan institusi.

"Pemerintahan hari ini tidak boleh berpangku tangan untuk mendiamkan dan seolah-olah bingung harus berbuat apa. Bagi kami, kasus kematian Munir memang belum selesai selama dokumen TPF hilang dan ada nama yang belum tuntas diselidiki hingga hari ini," katanya.

Untuk itu, Koordinator Kontras menegaskan bahwa membuka laporan TPF kematian Munir menjadi pekerjaan rumah yang besar dan serius, serta penting untuk membuktikan bahwa otoritas negara memiliki kemajuan dalam aspek dan indikator penegakan hukum dan perbaikan HAM.

Sebagaimana diwartakan, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pihaknya serius menindaklanjuti hasil kerja dan rekomendasi Tim Pencari Fakta kasus kematian pegiat hak asasi manusia Munir Said Thalib.

Berita Terkait

Tiga Rekomendasi SBY untuk Jokowi Ungkap Kasus Munir Tiga Rekomendasi SBY untuk Jokowi Ungkap Kasus Munir
Kasus Munir, SBY: Saya Dukung Langkah-langkah Pak Jokowi Kasus Munir, SBY: Saya Dukung Langkah-langkah Pak Jokowi
Soal TPF Munir, SBY: Tadinya 'Legal Issue' jadi Bernuansa Politik Soal TPF Munir, SBY: Tadinya 'Legal Issue' jadi Bernuansa Politik

#Dokumen Kasus Munir Hilang #TPF Munir #Kasus HAM Munir #Kasus Munir

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar