Inilah Negara Paling Dermawan di Dunia! Bagaimana Indonesia?

Ilustrasi sedekah. (Foto: independent.co.uk)

Arah -  Organisasi Charities Aid Foundation (CAF) baru saja merilis indeks kedermawanan negara-negara di dunia. Kegiatan ini rutin dilakukan CAF setiap tahunnya sejak 2010. Untuk mengukur tingkat kedermawanan di sebuah negara, dilakukan survei dengan menyebar ribuan kuesioner.

Tingkat kedermawanan ditentukan melalui suatu ukuran yang disebut World Giving Index. Untuk 2016 ini, negara paling dermawan adalah Myanmar, dengan nilai 70 persen. Posisi ini tak berubah sejak 2014. Penduduk negara ini terbilang sangat dermawan, dengan adanya sumbangan wajib ke Vihara dalam praktik ‘Sangha Dana’.

Berturut-turut di posisi kedua, ada Amerika Serikat dengan tingkat kedermawanan 61 persen, disusul Australia dengan 60 pesen, Selandia Baru 59 persen, Sri Lanka 57 persen, dan Kanada 56 persen. Tahun lalu, Selandia Baru ada di posisi kedua.

Lalu bagaimana tingkat kedermawanan di Indonesia? CAF menempatkan Indonesia di posisi ke-7 dengan nilai 54 persen. Di bawahnya ada Inggris 54 persen. CAF World Giving Index juga menobatkan Irak sebagai negara yang paling dermawan terhadap orang asing.

Selama sebulan lalu, delapan dari 10 warga di Irak memberikan bantuan kepada orang yang tidak mereka kenal. Warga Libya juga dikatakan sangat dermawan terhadap orang-orang asing. Sementara itu Tiongkok, ditetapkan sebagai negara yang paling tidak dermawan.

Berita Terkait

Penyidik HAM PBB Desak Myanmar Atasi Kekerasan Agama Penyidik HAM PBB Desak Myanmar Atasi Kekerasan Agama
Republik Ceko Ikut Misi ke Irak Untuk Perangi ISIS Republik Ceko Ikut Misi ke Irak Untuk Perangi ISIS
Awas! Melakukan Ini Pahala Puasa Bisa Hilang Awas! Melakukan Ini Pahala Puasa Bisa Hilang

#sumbangan ke masjid #Sedekah #Muslim Myanmar #Myanmar #Dermawan #Irak

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar