Kejati Jatim Tak Hadiri Sidang Praperadilan La Nyalla

Massa dari Pemuda Pancasila berkonvoi menuju Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/3). (Antara/Didik Suhartono)

Arah -  Kejaksaan Tinggi Jawa Timur sebagai pihak tergugat tidak menghadiri sidang perdana praperadilan yang diajukan tim kuasa hukum Ketua Kadin Jatim La Nyalla Matalitti atas dugaan kasus korupsi pembelian saham Initial Public Offering (IPO) Bank Jatim senilai Rp5 miliar.

"Karena tidak ada jawaban dan tidak hadir, karena itu sebagaimana biasanya ditunda persidangan ini pada Selasa tanggal 5 April 2015," ujar hakim tunggal Ferdinandus saat memimpin persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (30/3/2016).

Terkait penundaan persidangan, Kuasa Hukum La Nyalla Matalitti Togar Manahan Nero menanggapinya dengan santai.

"Kami tidak perlu menanggapi dengan emosional ketidakhadiran termohon, meskipun berdampak pada molornya jadwal sidang praperadilan yang menguji keabsahan penetapan La Nyalla sebagai tersangka tersebut," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya percaya pada hukum dan yakin persidangan akan tetap berjalan, meski sedikit terhambat.

"Lagi pula kalau penetapan yang dia putuskan terhadap klien kami itu benar secara hukum, ngapain dia takut diuji di praperadilan," katanya.

Tim advokat Kadin Jatim juga menilai ketidakhadiran termohon bukan mangkir, tetapi lebih tepat disebut sebagai desersi.

"Karena mereka pada posisi abdi negara penegak hukum yang harus taat hukum. Kalau klien saya disebut mangkir, padahal mengirim surat melalui kuasanya," katanya.

Persidangan yang sedianya dijadwalkan pukul 09.00 WIB baru dimulai pukul 12.00 WIB karena menunggu pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polrestabes Surabaya juga melakukan pengamanan di sekitar lokasi persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya. (Antara)

Berita Terkait

Sidang Gugatan Praperadilan La Nyalla Segera Digelar Sidang Gugatan Praperadilan La Nyalla Segera Digelar
Kejagung Belum Terima Laporan Kasus La Nyalla Kejagung Belum Terima Laporan Kasus La Nyalla
Ruang Sidang Praperadilan Novel Baswedan Disterilkan Ruang Sidang Praperadilan Novel Baswedan Disterilkan

#La Nyalla Mattalitti #Kasus Korupsi #Sidang Praperadilan #Ketua PSSI

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar