Jelang Aksi 4 November, 20 Ribu Personel Siap Amankan Jakarta

Dok. Sejumlah anggota Tim Gegana Polda Metro Jaya mendapatkan arahan sebelum melakukan pengamanan di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/7/2016). (arah.com/Helmi Shemi)

Arah - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan menangatakan bahwa kunjungan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono merupakan ajang silaturahmi dan diskusi berkaitan dengan perkembangan situasi terkini.

Menurut Iriawan, pihak kepolisian akan bersinergi dengan Pemprov DKI untuk sama-sama berkontribusi mencipatakan situasi yang aman, tertib, dan damai.

"Tadi kan sudah dijelaskan oleh pak gubernur ya silaturahmi. Kedua diskusilah ya berkaitan dengan situasi yang ada sekarang tentunya bersinergi untuk sama-sama berkontribusi menciptakan situasi aman tertib dan damai di ibukota secara khususnya, itu aja," kata Iriawan di kantornya, Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/11).

Lebih lanjut, Iriawan menyebut ada sekitar 20 ribu personel gabungan dari dalam dan luar Jakarta untuk turun mengamankan Ibu Kota DKI Jakarta pada tanggal 4 November nanti.

"Semuanya sudah hampir 20 ribu personel untuk melayani pengamanan di ibukota perinciannya ada beberapa tambahan personil dari luar Polres Jakarta," tambah Iriawan.

Iriawan menambahkan, pihak kepolisian akan menggelar apel gelar pasukan pengamanan Pilkada di Monas pada Rabu (2/11).

"Jadi sekarang sudah ada rincian besok tanggal 2 akan ada apel gelar pasukan pengamanan Pilkada di Monas dimana akan diambil 2 inspektur upacara yaitu Panglima TNI dengan bapak Kapolri di sana," ujar Iriawan.

Tak hanya pengamanan Pilkada, Iriawan juga menegaskan bahwa nantinya akan ada pengamanan khusus beberapa personil yang dari luar Jakarta, yakni dari Banten, Jabar, Jatim, Lampung, Kalimantan, dan NTT untuk melayani para pendemo yang melakukan aksi unjuk rasa menolak penistaan agama pada Jumat (4/11).

"Teman-teman bisa lihat nanti bagaimana unsur pengamanan kami khususnya untuk melayani unjuk rasa yang akan dilakukan di Jakarta, ada beberapa personil yang dari luar Jakarta dari Banten dari Jabar dari Jatim dari Lampung dari Kalimantan dari NTT yang sudah datang ke sini dan hari ini semua sudah ada di Jakarta," tutup Iriawan. (Dani Hermansyah)

Berita Terkait

Siang Ini FPI Akan Berunjuk Rasa di Balai Kota Siang Ini FPI Akan Berunjuk Rasa di Balai Kota
Ini Pesan Moral PBNU Terkait Aksi 4 November Ini Pesan Moral PBNU Terkait Aksi 4 November
Unjuk Rasa 4 November, Ini Pesan Djarot Untuk Para Pendemo Unjuk Rasa 4 November, Ini Pesan Djarot Untuk Para Pendemo

#Penistaan Agama #Unjuk Rasa #Demo 4 November #FPI Front Pembela Islam #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Al Maidah 51

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar