Kembang 6 Rupa, Film Kolaborasi Karya Yayasan Kampung Halaman

Cover film 'Kembang 6 Rupa', sebuah film kolaborasi dari komunitas Kampung Halaman (Dok. Komunitas Kampung Halaman)

Arah -  Kampung Halaman adalah sebuah komunitas yang berdiri pada tahun 2006. Komunitas ini bertujan untuk memperkuat peran remaja dan anak muda melalui program pendidikan popular berbasis media komunitas yang dilakukan secara kolaboratif. Kampung Halaman berbasis di Yogyakarta, bekerja sama dengan berbagai rekan dari seluruh Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut.

Program kerja Kampung Halaman sangat variatif, mulai dari Rumah Belajar Kampung Halaman, Depot Video, Film Kolaborasi, Sekolah Remaja, Jalan Remaja, dan Dengar!. Salah satu program yang menarik adalah ‘Film Kolaborasi’, yang menangkap isu dan perspektif remaja di wilayah transisi. Program ini dibuat secara kolaboratif oleh pembuat film professional dan remaja sebagai subjek di wilayah tersebut. Film Kolaborasi diputar dan didiskusikan agar masyarakat memahami secara utuh konteks persoalan yang dihadapi remaja Indonesia.

Salah satu film yang diproduksi adalah ‘Kembang 6 Rupa’. Kembang 6 Rupa adalah seri film dokumenter pendek tentang 6 remaja perempuan yang tengah menghadapi masa depan di kampung halamannya. Kembang 6 Rupa diproduksi oleh Yayasan Kampung Halaman, berkolaborasi dengan 6 (enam) sutradara dan 6 (enam) remaja perempuan di Indramayu, Sumedang, Kuningan, Sleman, Sumbawa dan Wamena.

Kembang 6 Rupa menggambarkan situasi kehidupan sehari-hari dari 6 orang remaja  putri. Film dokumenter ini memperlihatkan spektrum permasalahan yang luas, baik dari pendidikan, keluarga, keadilan gender, kebebasan berpendapat, kebebasan memilih keyakinan, dan masalah pekerjaan.

Simak film kolaborasi lainnya dari komunitas Kampung Halaman di di sini.

Mudahnya berbagi info:

Redaksi arah.com menerima tulisan tentang komunitas menarik untuk dipublikasikan. Kirim tulisan kamu ke [email protected] Bagi kamu yang tulisannya sudah dimuat di blog, sertakan link tulisan tersebut.

Atau untuk kamu yang punya video tentang aktivitas suatu komunitas, silakan kirimkan link video yang sudah diupload di situs Youtube ke [email protected], jangan lupa sertakan juga tulisan pendek minimal 3 paragraf.

Berita Terkait

Jalan Remaja 1208, Program Tahunan Gresik Movie Untuk Remaja Jalan Remaja 1208, Program Tahunan Gresik Movie Untuk Remaja
Gerakan Ngajar Asyik, Membangun Kreativitas Anak Sejak Dini Gerakan Ngajar Asyik, Membangun Kreativitas Anak Sejak Dini
Yuk Lestarikan Laut Indonesia Bersama JagaLaut! Yuk Lestarikan Laut Indonesia Bersama JagaLaut!

#Komunitas #Film Pendek #Film dokumenter

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar