Sertifikat Wajib Vaksin, Ahok: Saya Kira Hak Anak

Ilustrasi: Seorang siswa bereaksi saat disuntik vaksin. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)

Arah - Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mendorong pemberian vaksin untuk anak sejak sedini mungkin. Bahkan ia menegaskan jika seorang anak tidak divaksin, anak tersebut tidak diperbolehkan sekolah.

"Makanya kita mau dorong (pemberian vaksin). Ini cukup berhasil. Kalo kamu gak ada sertifikat vaksin kamu gak boleh sekolah," kata Basuki di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2016)

Pemberian vaksin kepada anak sejak dini sebut Basuki sangatlah penting, pasalnya banyak anak Indonesia, khususnya di Jakarta yang memiliki kecerdasan tinggi. Namun karena tidak diberi vaksin, kesehatan mereka terganggu.

"Kalau kita bicara SDM orang Jakarta lahir begitu banyak, kalau gak sehat pas sudah besar dan sakit kan kasihan," jelas Ahok kepada wartawan.

Selain vaksin, Ahok juga ingin mendorong pemeriksaan gigi bagi anak. Ia menilai gigi juga penting diperiksa karena berhubungan dengan syaraf otak.

"Kita harapkan ke depan anak sekolah harus periksa gigi. Kita tanggung di puskesmas. Puskesmas kita sekarang alat giginya bagus," ujarnya.

Sebelumnya, ketika masih menjabat sebagai gubernur aktif, Ahok pada Juli lalu menegaskan vaksin menjadi kewajiban bagi anak-anak. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan seluruh anak di ibu kota mendapat vaksin sebagai syarat masuk sekolah dasar.

"Kita sudah buat suatu aturan, semua anak wajib di vaksin, saya kira hak anak," ujar Ahok -sapaan Basuki di Balai Kota Jakarta, Senin (25/7/2016). (Shemi)

Berita Terkait

3 Kali Dapat Penolakan, Ahok Pasrah 3 Kali Dapat Penolakan, Ahok Pasrah
Ahok Buat Surat Pernyataan Cuti Saat Masa Kampanye Ahok Buat Surat Pernyataan Cuti Saat Masa Kampanye
Ditanya Soal Majelis Pelayan Jakarta, Ini Reaksi Ahok Ditanya Soal Majelis Pelayan Jakarta, Ini Reaksi Ahok

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #vaksin anak #vaksinasi #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Pilkada Serentak 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar