Tahun 2030, Manusia Bisa Tinggal di Mars

Atmosfer Planet Mars. (wikimedia.org)

Arah - Berkoloni di Mars sepertinya bukan isapan jempol belaka sebentar lagi. Mimpi itu bahkan sudah menjadi realita meski baru sebatas ide matang yang dieksekusi dalam format film juga serial TV.

Pertanyaan besarnya, kapan manusia benar-benar bisa tinggal dan berkoloni di Mars? Jawabannya, tahun 2030.

Baca juga:

Merasakan Cuaca Ekstrem? Ini Jadi Cuaca Normal di Tahun 2025

Pssst, Ini Dia Cara Terbaik untuk Melihat Supermoon

Wow, SpaceX Uji Coba Roket yang Siap Antar Manusia ke Mars

Geger! Foto Ini Diyakini Bukti Manusia Pernah Hidup di Mars

Ya, itu jawaban yang muncul di lingkungan Royal Observatory Greenwich, tempat di mana kamu bisa melihat model rumah khusus yang dibuat agar manusia bisa bertahan hidup di Planet Merah.

Sebuah konsep rumah berbentuk kubah berlapis batu imitasi merah ala Mars itu dirancang oleh sekelompok astronom Royal Observatiry bersama Stephen Petranek, penulis buku 'How We'll Live on Mars'.

Dan betul, konsep rumah ini akan muncul perdana dalam serial drama dokumenter berjudul 'MARS' yang diputar di National Geographic.

Jika diamati, rumah itu terlihat sangat realistis dan sangat mungkin untuk menjadi tempat tinggal manusia di lingkungan Mars yang keras.

Dalam kubah, kamu akan menemukan tempat tidur yang sempit, printer 3D, mesin latihan dasar dan baju ruang angkasa dilengkapi peralatan untuk bertahan di Mars.

Dinding kubah memiliki tebal dua kaki, namun Petranek mengatakan, jika ini dijadikan kenyataan perlu ditambah menjadi 12-15 kaki untuk mengurangi risiko terkena radiasi kosmik di permukaan Mars.

"Mars memiliki lingkungan yang 'bermusuhan' dengan kita," ujar Petranek. "Segala sesuatu tentang Mars adalah tentang atmosfer yang tipis. Jadi di Mars kita harus melindungi diri dari radiasi."

Mars memiliki revolusi dua kali lebih lama dari Bumi karena jaraknya yang lebih jauh dari Matahari. Artinya, setahun di Mars dua kali lebih lama, sekitar 867 hari.

Di sekitar khatulistiwa, pada musim panas, suhu di Mars diperkirakan sekitar 20 derajat Celcius, namun malam harinya bisa menembus minus 70 derajat Celcius.

Masih belum terbayang? Berikut videonya.

Berita Terkait:
2020, Negara Ini akan Mendarat Perdana di Mars
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan ke Mars Sesungguhnya?
Mars 2020, Robot Baru NASA untuk Menjelajah 'Si Planet Merah'
Tahun 2018, Elon Musk Kirim Roket ke Mars
Wow, SpaceX Uji Coba Roket yang Siap Antar Manusia ke Mars

Berita Terkait

2020, Negara Ini akan Mendarat Perdana di Mars 2020, Negara Ini akan Mendarat Perdana di Mars
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan ke Mars Sesungguhnya? Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan ke Mars Sesungguhnya?
Mars 2020, Robot Baru NASA untuk Menjelajah 'Si Planet Merah' Mars 2020, Robot Baru NASA untuk Menjelajah 'Si Planet Merah'

#Planet Mars #Mars #Antariksa #Luar Angkasa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar