Ucapan Ahok Jika Demo 411 Dibayar Jadi Alasan Penting Demo 212

Ribuan orang melakukan unjuk rasa empat November di Jakarta, Jumat (4/11). Aksi tersebut menuntut pemerintah untuk mengusut dugaan penistaan agama. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

Arah -  Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majlis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan ada tiga poin yang dianggap paling penting mengapa aksi unjuk rasa 2 Desember mendatang harus dilakukan.

Hal itu disampaikan usai acara Talkshow Akhir Pekan Terhangat yang bertajuk 'Ahok Effect' di Warung Daun, Jalan Cikini Raya No 26, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016).

Diketahui, dalam tuntutannya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) mendesak polisi segera menahan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tindak lanjut penetapan statusnya sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

"Sudah disampaikan oleh GNPF kemarin, bahwa akan turun unjuk rasa tanggal 2 bulan 12 ya, satu tuntuannya yang jelas adalah meminta segera melakukan petahanan kepada bapak BTP alias ahok, kenapa? alesannya ada enam, tetapi saya sebutkan saja tiga yang paling penting," kata Zaitun di Jakarta.

Baca Juga:

Ahok Tak Ditahan, GNPF-MUI Sindir Lemahnya Penegakan Hukum

Gelar Demo 2 Desember, Munarman: Ahok Harus Ditahan!

Menkopolhukam Tidak Melarang Demo Asalkan...

Anggota Dewan Syura Majelis Pelayan Jakarta (MPJ) ini menjelaskan alasan perlunya Ahok dijebloskan ke penjara adalah karena Ahok telah dinyatakan sebagai tersangka dengan ancaman hukuman lima tahun penjara sesuai Pasal 156a KUHP.

"Yang pertama, bahwa ini kan ancaman pidanannya kan lima tahun, maka sesuai KHUP ia dapat ditahan," ujarnya.

Terlebih, alasan berikutnya yakni pernyataan Ahok yang dinilai menyakiti umat islam, pernyataan tersebut selang sehari hari Ahok dinyatakan sebagai tersangka, Rabu (16/11) November di BBC News yang menyatakan bahwa peserta Aksi Bela Islam 411 dibayar per orang Rp500 ribu.

"Yang kedua, bahwa agar tidak mengulangi lagi, dan ini sangat potensi memang, ternyata hari pertama penatapan tersangka itu  sudah mengulangi lagi, menyakiti kaum muslimin yang berunjuk rasa lebih 2 juta orang mengatakan bahwa disitu ada pembayaran 500ribu per orang," tutur Zaitun.

Terkahir, dirinya menyimpulkan alasan yang paling penting dan yang harus diperhatikan penegak hukum untuk dilakukan penahanan.

"Nah ini alasan yang paling penting yang harus diperhatikan penegak hukum untuk dilakukan penahanan. Dan tuntutan ini benar-benar adalah bagian dari penegakan hukum," demikian Zaitun. (Dani Hermansyah)

Berita Terkait:
Polri Nilai Demo 2 Desember Sudah Tidak Ada 'Greget'
Ahok Tak Ditahan, GNPF-MUI Sindir Lemahnya Penegakan Hukum
Ahok Tuduh Demo 411 Bayaran, MUI: Laporkan, Jangan Menyebar Isu!
MUI: Variety Show Comedy Masih Berpotensi Lakukan Pelanggaran
MUI: Umat Muslim Harus Pilih Cagub-Cawagub DKI Sesuai Nilai Islam

Berita Terkait

Polri Nilai Demo 2 Desember Sudah Tidak Ada 'Greget' Polri Nilai Demo 2 Desember Sudah Tidak Ada 'Greget'
Ahok Tak Ditahan, GNPF-MUI Sindir Lemahnya Penegakan Hukum Ahok Tak Ditahan, GNPF-MUI Sindir Lemahnya Penegakan Hukum
Ahok Tuduh Demo 411 Bayaran, MUI: Laporkan, Jangan Menyebar Isu! Ahok Tuduh Demo 411 Bayaran, MUI: Laporkan, Jangan Menyebar Isu!

#Demo 2 Desember #Majelis Ulama Indonesia (MUI) #Tahan Ahok

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar