Kemenhub Tahan Pesawat yang Terlibat Tabrakan

Pesawat Batik Air dengan nomor registrasi PK-LBS terparkir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/4) malam. Pesawat Batik Air rute Halim Perdanakusuma-Unjung Pandang registrasi PK-LBS dengan nomor penerbangan ID 7703 yang akan melakukan take off bersenggolan dengan pesawat Trans Nusa hingga mengakibatkan beberapa kerusakan dan penerbangan tersebut dibatalkan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. (Foto: Antara/ Sigid Kurniawan)

Arah -  Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera melakukan investigasi atas kasus tabrakan pesawat. Insiden tersebut terjadi, antara pesawat Batik Air dengan pesawat ATR milik maskapai TransNusa di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, pada Senin (4/4). Untuk pemeriksaan tersebut, pesawat yang terlibat insiden ditahan.

"Menteri Perhubungan telah mendapat laporan dari Dirjen Perhubungan Udara. Menteri langsung menginstruksikan sejumlah hal, termasuk pemeriksaan oleh KNKT," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan, Hadi Mustofa Djuraid, dalam keterangan pers yang diterima arah.com. Ignasius Jonan sendiri, saat peristiwa terjadi sedang berada di Wasior, Papua Barat, untuk mendampingi Presiden Joko Widodo yang akan meresmikan pelabuhan, Selasa (5/4) besok.

Baca Juga: 
Pesawat Tabrakan, Halim Tak Punya Kepala Bandara
Presdir Lion Group: Kita Tunggu Penyelidikan yang Berwenang

Selain menginvestigasi pesawat dan awaknya, Menhub juga meminta KNKT memeriksa petugas Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Halim, serta petugas dari PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Halim. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga membekukan izin operasi perusahaan ground handling. 


Penahanan pesawat, serta pembekuan perusahaan ground handling dilakukan sampai pemeriksaan oleh KNKT dinyatakan selesai.

Berita Terkait

Pesawat Tabrakan, Halim Tak Punya Kepala Bandara Pesawat Tabrakan, Halim Tak Punya Kepala Bandara
49 Orang Tewas 'Hanya' Gara-gara Hujan 49 Orang Tewas 'Hanya' Gara-gara Hujan
Bos-nya Jadi Tersangka KPK, Ini Profil Agung Podomoro Bos-nya Jadi Tersangka KPK, Ini Profil Agung Podomoro

#Batik Air #TransNusa #tabrakan pesawat #bandara halim #arah #arah.com #Berita terkini

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar