KNKT Kumpulkan Data Blackbox dan Tower Bandara Halim

Pesawat Batik Air dengan nomor registrasi PK-LBS terparkir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/4) malam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Arah - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus melakukan investigasi terkait insiden tabrakan pesawat Batik Air dengan Trans Nusa yang terjadi Senin (5/4/2016) malam di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma.

Pantauan arah.com di lokasi, para petugas dari KNKT  tengah berkoordinasi dengan pihak bandara.

Selain itu, sejumlah petugas bandara juga tengah melakukan persiapan untuk memindahkan puing sayap agar tidak membahayakan aktivitas penerbangan lainnya.

"Semalam kita juga melihat dari tower (pengawas lalu lintas udara) bagaimana posisi dari pesawat dan kita juga mengumpulkan semua data-data dari tower, pesawat, termasuk dari blackbox yang sudah kita amankan,” ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (05/04/2016).

Lebih lanjut Soerjanto menyatakan, pihak KNKT pagi ini berencana melakukan interview kepada petugas Air Traffic Control (ATC) atau pengendali lalu lintas udara, petugas ground handling, dan petugas teknik yang ada di dalam pesawat Trans Nusa.

Pihak KNKT, lanjut Soerjanto, masih mencari benang merah dari hasil penyelidikan dari hasil interview nantinya. Faktor kesalahan manusia masih menjadi fokus utama pada pemeriksaan yang akan dilakukan hari ini.

Pesawat Batik Air dan Trans Nusa terlibat tabrakan pada Senin (5/4/2016) di landasan pacu bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat Batik Air yang sedianya akan lepas landas menuju Unjung Padang menabrak pesawat Trans Nusa yang sedang ditarik melintasi landasan pacu. (Restu)

Berita Terkait

Presdir Lion Group: Kita Tunggu Penyelidikan Pihak Berwenang   Presdir Lion Group: Kita Tunggu Penyelidikan Pihak Berwenang
Penumpang Akan Diterbangkan dengan Pesawat Pengganti Penumpang Akan Diterbangkan dengan Pesawat Pengganti
KNKT Unduh Data Kotak Hitam Pesawat yang Bertabrakan KNKT Unduh Data Kotak Hitam Pesawat yang Bertabrakan

#Batik Air #Batik Air Terbakar #Taksi Bandara Halim Perdanakusuma #tabrakan pesawat #Kecelakaan Pesawat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar