Nelayan: Bu Susi Bisanya Cuma Melarang, Enggak Ada Solusi

Seorang pengunjukrasa memprotes sejumlah kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dengan membawa poster .(Foto: Arah.com/ Muhammad Fajar)

Arah - Unjuk rasa ribuan nelayan masih berlangsung di pintu utara Monas, Jakarta, Rabu (6/4). Meski jumlahnya berangsur surut, seorang orator perwakilan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) terus meneriakkan tuntutan pemecatan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Buat siapa Anda kerja, Bu Susi? Buat siapa? Kami bekerja untuk anak istri suami kami, dan kemudian Anda hilangkan pekerjaan kami. Jokowi, pecat Bu Susi," seru salah satu orator.

Demo yang digelar bersamaan dengan Hari Nelayan Nasional itu berlangsung sejak pukul 09:00 WIB.

Salah satu hal yang menjadi tuntutan adalah keberatan para nelayan soal larangan penggunaan cangkrang—pukat harimau atau jaring sangat besar untuk menjala ikan sebanyak-banyaknya menggunakan mesin.

"Bu Susi itu hanya melarang saja bisanya, tidak ada solusi, tidak memberi alternatif," keluh Karno, nelayan asal Rembang, Jawa Tengah, saat ditemui Arah di lokasi unjuk rasa.

Karno mengatakan, bahwa intinya adalah keinginan rekan rekan nelayan agar Susi Pudjiastuti turun dari jabatannya.

Sementara nelayan lainnnya, Aji mengatakan, jika dalam tenggat waktu lima hari tuntutan itu tak direspons, para nelayan mengancam akan kembali menggelar demonstrasi di Jakarta dengan jumlah lebih banyak.

Menurut pantauan Arah, seluruh demonstran kini telah meninggalkan lokasi unjuk rasa di sekitaran pintu utara Monas. Sebagian besar dari mereka tampak masih beristirahat, dan bersiap-siap pulang ke daerah masing-masing.

Bahkan, rombongan nelayan dari Rembang, Jawa Tengah, sudah mulai meninggalkan Ibukota. (Muhammad Fajar)

Berita Terkait

Demo Nelayan Tuntut Menteri Susi Mundur Demo Nelayan Tuntut Menteri Susi Mundur
Ribuan Nelayan Demo, Hindari Kawasan Monas Ribuan Nelayan Demo, Hindari Kawasan Monas
Kapal Tiongkok Ditangkap di Natuna, Menteri Susi: Ini Laut Kami! Kapal Tiongkok Ditangkap di Natuna, Menteri Susi: Ini Laut Kami!

#Demo Nelayan #Nelayan #Menteri Susi Pudjiastuti #Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti #Kementerian Kelautan dan Perikanan #Menteri Kelautan dan Perikanan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar