Di Jawa Barat, Ini Kota Terbanyak Pengidap HIV-AIDS

ilustrasi HIV/AIDS. (Foto: Foter.com)

Arah - Kota Bandung menjadi kota dengan pengidap HIV-AIDS tertinggi di Jawa Barat dengan penderita HIV positif sejumlah 2100 orang dan yang sudah memasuki AIDS sejumlah 1700 orang.

Namun, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Henny Rahayu Ningtyas mengatakan, jumlah tersebut tak bisa digeneralisir warga asli Kota Bandung.

"Data itu diambil dari jumlah pasien yang terdata di beberapa layanan kesehatan di kota Bandung. Bisa (warga luar) yang periksa di Bandung, atau warga luar dan bekerja di Bandung kemudian mengidap penyakit diperiksanya di wilayah Bandung," ujar Henny saat ditemui di Balai Kota Bandung, Kamis (1/12/2016).

Baca Juga:

Bermain Menyerang, Indonesia Ingin 'Curi' Banyak Gol Dari Vietnam

Kapan Kasus Ahok Masuk Pengadilan? Ini Kata Kejagung

Polda Metro Jelaskan PengamananAksi 212

Henny memperkirakan presentase warga Kota Bandung yang mengidap sekira 90 persen dari jumlah total.

Selain itu, tren pengidap HIV-AIDS di Kota Bandung juga meningkat cukup tinggi, dari data awal Desember 2015 hingga 2016 terjadi kenaikan.

"Dari data rumah sakit dan puskesmas seKota Bandung sampai Juli 2016 terdapat 3912 orang, yang sebelumnya pada Desember 2015 terdapat 3625 orang," ujarnya.

Henny mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi pencegahan dengan edukasi pada masyarakat di Kota Bandung.

"Kami terus melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah, pabrik, juga tempat-tempat hiburan yang  dibawahi oleh Disbudpar, juga tentunya puskesmas yang memiliki tugas langsung di masyarakat" katanya.

"WPA (Warga Peduli Aids) kami gerakkan, untuk upaya kami mencegah penularan HIV, edukasi ke majelis taklim, ibu-ibu PKK juga ibu rumah tangga," tambahnya.

Tetap pantau berita terkini dan terbaru, hanya di arah.com

Berita Terkait:
Diapresiasi UNESCO, Bandung Jadi Kota Percontohan Dunia
Kriminalitas Marak, Angkot di Bandung akan Dipasangi Tanda Bahaya
Kepala Sekolah Tak Terima Dipecat, Ini Komentar Kang Emil
Diprotes karena Banjir Landa Kota bandung, Ini Curhatan Kang Emil
Cerita Sopir Taksi di Bandung yang Diserang Taksi Gelap

Berita Terkait

Ridwan Kamil: Anak Bangsa Ditentukan dari Informasi yang Didapat Ridwan Kamil: Anak Bangsa Ditentukan dari Informasi yang Didapat
Kang Emil Dorong Pejabat Jabar Maju ke Kancah Politik Nasional Kang Emil Dorong Pejabat Jabar Maju ke Kancah Politik Nasional
Jalin Komunikasi dengan Partai, Ridwan Kamil Tak Mau 'GR' Jalin Komunikasi dengan Partai, Ridwan Kamil Tak Mau 'GR'

#Ridwan Kamil #Kang Emil #Walikota Bandung #HIV Aids #HIV/AIDS #AIDS

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar