Ini Alasan Polri Ciduk Aktivis Senior yang Diduga Lakukan Makar

FOTO: Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul (Restu/Arah.com)

Arah - Sebelum demo 2 Desember digelar, Brimob Polda Metro menciduk beberapa aktivis senior, Jumat (2/12) lantaran isu makar yang mengalir deras dan telah diungkapkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan aparat kepolisian memiliki alasan melakukan penangkapan terhadap para aktivis.

"(Aktivitis) Ditangkap. (Karena) ada beberapa perbuatan melanggar KUHP. ini bagian upaya kita mencegah dan menindaklanjuti laporan yang masuk (tentang makar)," ujarnya di kawasan Monas, Jakarta.

"Ada beberapa panggilan tapi ga diikutin, ya kita lakukan upaya hukum lain dengan lakukan penangkapan."

Ketika ditanya kenapa para aktivis tersebut langsung ditangkap, Martinus mengatakan penangkapan tersebut sah-sah saja. "Dalam pros KUHAP kan itu ada, penangkapan satu kali 24 jam itu boleh dilakukan polri," ujarnya.

Baca Juga:

Aktivis Ditangkap Alasan Makar, IPW Sebut Kapolda Metro Lebay!

Aktivis Senior Ditangkap Polisi, ini Komentar Jokowi

Martinus melanjutkan, jika para aktivis tersebut dijerat pasal 107 dan 207 KUHP. "Pasal 207, 107 KUHAP. Nanti kita lihat," pungkasnya.

Pasal 107

(1) Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

(2) Para pemimpin dan pengatur makar tersebbut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun

Pasal 207

Barang siapa dengan sengaja di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina suatu penguasa atau hadan umum yang ada di Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Tetap update berita politik terbaru, hanya di arah.com

Berita Terkait:
Monas Dipenuhi Pendemo 212, ini yang Dilakukan Jokowi
Aktivis Ditangkap Alasan Makar, IPW Sebut Kapolda Metro Lebay!
Aktivis Senior Ditangkap Polisi, ini Komentar Jokowi
Yusril Ditunjuk Jadi Pengacara Aktivis yang Ditangkap Polisi
Ini 'Cuitan' Ahmad Dhani Sebelum Ditangkap Polda Metro Jaya

Berita Terkait

Tiga Aktivis 'Makar' Ditahan, Sri Bintang Pamungkas Salah Satunya Tiga Aktivis 'Makar' Ditahan, Sri Bintang Pamungkas Salah Satunya
Melihat Kondisi Rachmawati, Demokrat Sebut Mustahil Lakukan Makar Melihat Kondisi Rachmawati, Demokrat Sebut Mustahil Lakukan Makar
Dipo Alam Sebut Aktivis 'Makar' yang Ditangkap Belum Sehebat PKI Dipo Alam Sebut Aktivis 'Makar' yang Ditangkap Belum Sehebat PKI

#Aktivis Makar #Aktivis Ditangkap #Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar