Tangkap 11 Aktivis, Polri: Jelas Menimbulkan Ketidaksukaan

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar memberikan keterangan kepada awak media di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/11). (Foto: Arah.com/ Dani Hermansyah)

Arah - Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar menegaskan penangkapan 11 aktivis yang diduga melakukan makar murni penegakan hukum. Hal ini untuk menjaga aksi damai 212 bebas dari provokasi.

"Hal itu adalah murni penegakan hukum, menjaga agar kemurnian niat dari sejumlah ulama yang dipelopori GNPF yang datang kesilang monas 2 Desember lalu adalah untuk beribadah," kata Boy di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (5/12).

"Ini harus kita jaga dari pengaruh-pengaruh upaya pemanfaatan massa untuk tujuan lain di luar ibadah," imbuhnya.

Boy melanjutkan, upaya paksa penangkapan aktivis yang dilakukan aparat kepolisian sudah diatur secara jelas di dalam hukum yang ada di Indonesia.

Baca Juga:

POLRI: Penangkapan 11 AKtivis Murni Penegakan Hukum

Komisi 3 Desak Kapolri Jelaskan Soal Penangkapan Terkait Makar

"Memang dalam rangka melakukan upaya paksa ada sesuatu yang tidak disenangi. Karena harus dipaksa ke kantor polisi. Itu namanya upaya paksa dan upaya paksa itu diatur dalam hukum," jelasnya.

"Setiap langkah polri pasti menimbulkan ketidaksukaan karena kita punya kewenangan upaya paksa," sambung Boy.

Pihak kepolisian, menurutnya telah melakukan imbauan serta komunikasi persuasif kepada GNPF-MUI agar aksi berjalan sesuai kesepakatan bersama, mulai dari waktu serta lokasi aksi.

"Kita lihat, semua pihak komit. (Pukul) 13.00 sudah bubar. Pukul 16.00-17.00 WIB sore sudah clear. Ini memang yang kita rancang bersam GNPF," ujarnya. (Shemi)

Tetap update berita politik terbaru, hanya di arah.com

Berita Terkait:
Ini Alasan Polri Ciduk Aktivis Senior yang Diduga Lakukan Makar
Dipo Alam Sebut Aktivis 'Makar' yang Ditangkap Belum Sehebat PKI
Polri Tetapkan Tujuh Tersangka Makar, Ini Dia Orangnya...
Tiga Aktivis 'Makar' Ditahan, Sri Bintang Pamungkas Salah Satunya
Tujuh Tersangka Makar Diduga Akan Giring Pendemo 212 Duduki DPR

Berita Terkait

Tiga Aktivis 'Makar' Ditahan, Sri Bintang Pamungkas Salah Satunya Tiga Aktivis 'Makar' Ditahan, Sri Bintang Pamungkas Salah Satunya
Melihat Kondisi Rachmawati, Demokrat Sebut Mustahil Lakukan Makar Melihat Kondisi Rachmawati, Demokrat Sebut Mustahil Lakukan Makar
Dipo Alam Sebut Aktivis 'Makar' yang Ditangkap Belum Sehebat PKI Dipo Alam Sebut Aktivis 'Makar' yang Ditangkap Belum Sehebat PKI

#Aktivis Makar #Aktivis Ditangkap #Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar