Inilah Kisah Riedl Bersama Vietnam

Dok. Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Alfred Riedl. (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

Arah -  Vietnam bukan negara asing bagi pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl. Pelatih asal Austria itu pernah tiga kali melatih negara Bintang Emas itu. Yang pertama terjadi pada tahun 1998 hingga 2000, pada periode ini Riedl gagal membawa Vietnam menjadi juara Piala Tiger (sebutan Piala AFF kala itu). Saat menjadi tuan rumah piala Tiger 1998, Vietnam sangat diperhitungkan dan disebut calon kuat juara. Hal inilah yang membuat terjadinya sepakbola gajah yang melibatkan Indonesia dan Thailand, guna menghindari Vietnam di semifinal. Namun berstatus unggulan, Vietnam harus takluk ditangan Singapura di partai final dengan skor 1-0.

Di tahun yang sama, Riedl juga menangani Vietnam untuk bermain di Asian Games yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Namun harus gugur di fase grup. Satu tahun berselang, Sea Games Brunei Darusssalam menjadi ajang ujian berikutnya bagi Riedl. Melaju hingga partai puncak, Vietnam harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 2-0.

Piala Tiger 2000 yang berlangsung di Thailand menjadi ujian Riedl untuk membuktikan kapasitasnya. Menyerah kalah 2-3 dari Indonesia di semifinal, Vietnam harus kembali gigit jari di perebutan tempat ketiga, karena harus takluk dari negeri jiran Malaysia, dengan skor telak 0-3.

Tanpa gelar pada dua tahun awal, Riedl memilih keluar dari kursi kepelatihan Vietnam. Tiga tahun berselang, tepatnya Januari 2003, Riedl kembali ke Vietnam. Namun kebersamaan tahun itu hanya berlangsung selama 11 bulan. Riedl gagal meloloskan Vietnam ke Piala Asia 2004 yang berlangsung di China.

Baca Juga:
Indonesia Menang, Riedl Malah Pusing. Kenapa Ya?
Piala AFF 2016, Riedl Sebut Vietnam Punya Pemain Berbahaya


Pada tahun 2005, pelatih kelahiran 2 November itu kembali ditunjuk menukangi The Golden Stars. Berbagai turnamen besar menyambut periode ketiga kepelatihan Riedl kali ini. Di Piala AFF 2007 Singapura, pencapaian Vietnam hanya sampai fase empat besar. Pada tahun yang sama, Vietnam ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 bersama Thailand, Indonesia dan Malaysia. Sempat mengalahkan UEA dengan skor 2-0, Vietnam harus puas bermain srei 1-1 dengan Qatar. Di laga pamungkas grup B, mereka pun dilumat Jepang 1-4. Namun hasil ini meloloskan Vietnam ke fase perempatfinal sekaligus menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara. Sayangnya Irak menghentikan langkah Huynh Quang Thanh dan kawan-kawan, dengan skor 2-0 lewat sepasang gol Younis Mahmoud.

Turnamen ini menjadi turnamen penutup Riedl bersama Vietnam. Ujian kembali dihadapkan Riedl, harapan jutaan rakyat Indonesia kini ada di pundak pelatih berusia 67 tahun itu untuk mampu menembus partai final Piala AFF 2016.

Berita Terkait:
Jelang Vietnam vs Indonesia, Siapa Unggul Rekor Pertemuan?
Ini Yang Membuat Riedl Akan Mundur Usai Piala AFF 2016
PSSI: Riedl Bawa Tim dengan Formasi Terbaik
Jelang Laga Lawan Singapura, Andik: Pertahanannya Terbaik
Ini Strategi Riedl Bongkar 'Parkir Bus' Singapura
Foto: Latihan Perdana Timnas Indonesia Di Vietnam
FOTO: Thailand Masih Perkasa di Hadapan Tim Garuda

Berita Terkait

Jelang Vietnam vs Indonesia, Siapa Unggul Rekor Pertemuan? Jelang Vietnam vs Indonesia, Siapa Unggul Rekor Pertemuan?
Ini Yang Membuat Riedl Akan Mundur Usai Piala AFF 2016 Ini Yang Membuat Riedl Akan Mundur Usai Piala AFF 2016
PSSI: Riedl Bawa Tim dengan Formasi Terbaik PSSI: Riedl Bawa Tim dengan Formasi Terbaik

#Alfred Riedl #Timnas Vietnam #Timnas Indonesia #AFF Suzuki Cup #Piala AFF 2016

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar