OTT Bisa Mengubah Bahaya Laten Korupsi Jadi Penyakit Musiman

Ilustrasi: uang suap/ korupsi. (Foto: asphaltandrubber.org)

Arah - Praktisi hukum Theodorus Yosep Parera menilai banyaknya operasi tangkap tangan (OTT) lembaga penegak hukum seperti Kejaksaan Agung, kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya sebuah bentuk pencitraan dalam mencegah tindak pidana korupsi.

"Selama ini, upaya pencegahan tindak pidana yang terlihat hanya melalui banyak tangkap tangan yang dilakukan penegak hukum dengan tujuan untuk menimbulkan rasa takut," katanya, Jumat (9/12) seperti dilansir kantor berita Antara.

Namun, upaya itu dinilai tidak efektif karena terbukti tindak pidana korupsi yang terjadi semakin banyak. Ia menambahkan, bukan tidak mungkin, tindak pidana korupsi akan berubah menjadi pidana musiman.

Baca Juga:

Anies Sebut Pemberantasan Korupsi Seperti Pembersih Kosmetik

Peringati Hari Anti Korupsi, Ini yang Anies Lakukan Untuk Jakarta

"Kalau musim banyak penangkapan pasti banyak yang tidak berani, tetapi setelah marak tangkap tangan lagi pasti akan kembali melakukan," katanya.

Oleh karena itu, ia mengusulkan agar peran aparat penegak hukum, polisi dan jaksa, diperkuat. Ia meminta aparat penegak hukum dilibatkan dalam penyusunan anggaran dan lelang pekerjaan.

"Indikator keberhasilan jika tangkap tangan berkurang melalui pencegahan dari awal. Libatkan penegak hukum di pelayanan-pelayanan publik," katanya.

Keberadaan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) di tingkat kejaksaan juga belum banyak bermanfaat, lanjut dia, karena terbukti masih banyak tangkap tangan.

Ingin update berita politik terbaru, tetap di arah.com

Berita Terkait

Agus Rahardjo: Dengan Prihatin Kami Terpaksa Mengumumkan Agus Rahardjo: Dengan Prihatin Kami Terpaksa Mengumumkan
 Ini 5 Masalah Yang Menjadi Momok Hukuman Mati Ini 5 Masalah Yang Menjadi Momok Hukuman Mati
Polisi Akui Pantau Pelaku Pungli di Kemenhub Sejak Lama Polisi Akui Pantau Pelaku Pungli di Kemenhub Sejak Lama

#Pemberantasan Korupsi #Operasi Tangkap Tangan (OTT) #Penegakan Hukum

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar