Garuda Terbangkan Pesawat Bodi Lebar ke Papua

Ilustrasi: Pesawat jenis Boeing 777-ER milik maskapai Garuda Indonesia lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: garuda-indonesia.com)

Arah -  Maskapai Garuda Indonesia menerbangkan pesawat berbadan lebar "wide body" sekelas Airbus 330 atau Boeing 777 ke Jayapura pada tahun 2017.

Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo di Jakarta, Jumat, mengatakan pengoperasian pesawat berbadan lebar tersebut merupakan salah satu ekspansi bisnis yang akan dilakukan tahun depan, yaitu salah satunya pengembangan di Wilayah Timur.

Selain itu, menurut dia, untuk mendukung sektor pariwisata, yaitu meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia serta wisawatan domestik.

"Artinya kita fokus penerbangan international itu mendorong 'inbound tourism' (pariwisata ke dalam negeri), untuk domesik itu yang didorong wilayah Timur Indonesia, termasuk di dalamnya merencakaan di Jaypura menggunakan 'wide body' (pesawat berbadan lebar)," katanya.

Menurut dia, kapasitas angkut tersebut harus ditingkatkan karena saat ini dengan menggunakan pesawat berbadan sempit (narrow body), yaitu Boeing 737, tingkat keterisiannya (load factor) sudah mencapai 85 persen.

Baca Juga:
Garuda Raih Predikat Maskapai Paling Dicintai di Dunia
Penerbangan Indonesia Meningkat. Pertanda Ekonomi Membaik?


Terkait kesiapan infrastruktur, Arif mengatakan Bandara Jayapura sudah siap dilandasi oleh pesawat berbadan lebar Airbus 330.

Dengan menerbangkan pesawat berbadan lebar ke Japapura, dia menyebutkn kapasitas angkuta akan naik dari 160 penumpang menjadi 222 penumpang.

"Upaya ini untuk diferensiasi produk Garuda juga di domestik untuk mempertahankan 'market leader' (pempimpi pasar) di layanan premium," katanya.

Arif mengatakan rencana pengoperasian tersebut akan dimulai pada Januari atau Februari 2017.

Berita Terkait:
Januari 2017 Pemerintah Berlakukan BBM Satu Harga
Bankir Kawakan Robby Djohan, Meninggal Dunia
Terminal 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi 9 Agustus
Kinerja Merosot, Garuda Indonesia Rugi Rp820 Miliar
Garuda Indonesia Sabet Penghargaan 'World’s Best Cabin Crew'

Berita Terkait

Januari 2017 Pemerintah Berlakukan BBM Satu Harga  Januari 2017 Pemerintah Berlakukan BBM Satu Harga
Bankir Kawakan Robby Djohan, Meninggal Dunia Bankir Kawakan Robby Djohan, Meninggal Dunia
Terminal 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi 9 Agustus Terminal 3 Bandara Soetta Siap Beroperasi 9 Agustus

#Garuda Indonesia #Boeing #Papua #Boeing 777-ER

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar