Ini Hukum Orang Tua yang Memaksa Anaknya Menikah

Ilustrasi foto (Foter.com/M.A.J Photography)

Arah - Tidak selayaknya orang tua memaksa anak gadisnya menikah tanpa meminta persetujuan darinya. Seorang anak jika ia masih gadis, maka ia harus dimintai persetujuan.
Dan di antara tanda persetujuannya pada pernikahan tersebut adalah dengan diam.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu‘anha ia berkata: Aku pernah bertanya, “Ya Rasulullah, apakah wanita-wanita itu (harus) diminta izinnya dalam urusan pernikahan?”. Beliau menjawab, “Ya”. Aku bertanya lagi, “Sesungguhnya seorang gadis jika diminta izinnya ia malu dan diam”. Beliau menjawab, “Diamnya itulah izinnya”. (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Nah, bagi anak gadis, jika ia tidak ridha menikah dengan seseorang yang telah dipilihkan orang tuanya hendaklah ia menyampaikan itu kepada orang tuanya.

Jangan diam saja, karena diam itu tanda setuju. Komunikan dengan orang tua secara baik-baik. Insya Allah, orang tua di zaman sekarang pasti mau mendengarkan anaknya jika anak tersebut mengutarakan isi hatinya secara baik-baik.

Berita Lainnya
Ini Keutamaan Puasa Rajab yang Jarang Orang Tahu
Astagfirullah, Inilah Golongan Rajin Salat Tapi Masuk Neraka
Terungkap, Ilmuwan NASA Tutupi Rahasia Lailatul Qadar

Mudahnya Berbagi Traffic:

Buat kamu yang gemar menulis tema-tema Islam di blog atau website, kirimkan link tulisan kamu ke email [email protected] untuk dipublikasikan. Tulisan yang menarik akan kami bantu sebarkan di media sosial milik arah.com.

Berita Terkait

Suami Ejakulasi Dini? Coba Ajarkan Doa ini Suami Ejakulasi Dini? Coba Ajarkan Doa ini
Allah Mengumpulkan Keluarga di Surga, Apa Keluargamu Termasuk? Allah Mengumpulkan Keluarga di Surga, Apa Keluargamu Termasuk?
Bikin Nangis, Video Ini Buktikan Kasih Sayang Orang Tua Bikin Nangis, Video Ini Buktikan Kasih Sayang Orang Tua

#alquran #Alquran 400 Tahun #hadits #kakek tua menikah #keluarga #pengawasan orang tua #pernikahan #rasulullah saw #UU Perkawinan #Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar