Terkuak! Ini Penyebab Pesawat Batik Air Sambar Pesawat TransNusa

Detik-detik Terbakarnya Pesawat Batik Air Akibat Tabrakan

Arah -  Komite Nasional Keselamatan Transportasi menemukan adanya perbedaan tipe frekuensi dalam komunikasi jarak jauh antara "air traffic controller", pesawat dan "ground handling" sebelum kejadian tabrakan antara pesawat Batik Air dan Transnusa di Bandara Halim Perdanakusuma (4/4).

Dikutip dari laman Antara, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat rapat kerja dengan Komisi V Anggota DPR di Jakarta, Senin mengatakan antara ATC dengan pesawat menggunakan jenis frekuenai VHF atau "Very High Frequency" sementara antara ATC dengan "ground handling" menggunakan tipe frekuensi "UHF" atau "Ultra High Frequency".

"Kalau di 'tower' (ATC) dia pakainya VHF ke 'ground handling' enggak akan mengerti, begitu juga kalau ke pesawat pakainya UHF," ungkapnya.

Menurut dia, ketidaksamaan frekuensi tersebut berpotensi bahwa informasi yang disampaikan tidak bisa diterima baik oleh pesawat, dalam hal ini, pilot maupun petugas "ground handling".

"Kalau frekuensinya sama, mungkin pesawat lebih 'aware' ada pesawat Transnusa sedang belok, dia akan tanya juga ke ATC dan enggak langsung 'take off'," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/Airnav Indonesia) Bambang Tjahjono mengatakan berdasarkan temuan KNKT baru ditemukan di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Ini yang mau dilihat oleh KNKT kenapa, kebiasaan atau 'SOP'-nya seperti apa," ujarnya.

Bambang menilai seharusnya seluruhnya satu frekuensi dengan menggunakan VHF, di bandara yang lain juga seperti itu. Dia mengatakan akan mengganti seluruh sistem menjadi satu frekuensi VHF seseuai dengan rekomendasi KNKT.

"Aturan dari kita harus sama frekuensi, di Bandata Soetta juga seperti itu," kata Direktur Navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Berita Terkait

KNKT Periksa Kotak Hitam Pesawat Batik Air dan TranNusa KNKT Periksa Kotak Hitam Pesawat Batik Air dan TranNusa
Sebagian Besar Penumpang Batik Air Telah Diterbangkan ke Makassar Sebagian Besar Penumpang Batik Air Telah Diterbangkan ke Makassar
DPR Selidiki Insiden Tabrakan Pesawat di Halim DPR Selidiki Insiden Tabrakan Pesawat di Halim

#Batik Air #Batik Air Terbakar #tabrakan pesawat #TransNusa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar