Ini yang Membuat Rudi Hartono Raih All England Terbanyak

Legenda Bulu Tangkis Rudy Hartono/chooyutshing

Arah -  Rudy Hartono Kurniawan lahir dengan nama Nio Hap Liang adalah salah satu mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang namanya pernah diabadikan dalam Guiness Book of World Records pada tahun 1982 karena berhasil membawa Indonesia meraih juara All England delapan kali dan memenangkan Thomas Cup sebanyak empat kali.

Rudy Hartono yang juga pernah dinobatkan sebagai salah satu Asian Heroes kategori Athletes & Explorers versi Majalah Time ini merupakan anak ketiga dari 9 bersaudara dengan ayah Zulkarnaen Kurniawan.

Ayah Rudy yang juga pernah bermain bulu tangkis di kompetisi kelas utama di Surabaya ini menyadari bakat Rudi ketika usianya menginjak 11 tahun. Rudy pun mulai dilatih secara sistematik pada Asosiasi Bulu Tangkis Oke yang didirikan oleh Zulkarnain sendiri pada tahun 1951 dengan pola latihan yang telah ditentukan oleh ayahnya.

Baca juga:

Xavi: Real Madrid Klub Yang Hebat

Pesan Jokowi kepada Paspampres: Ikuti Perkembangan Zaman!

Dianggap Hina Indonesia, Fakhrul Razi Diserang Netizen

Ilmuan Ini Ciptakan Baterai Ponsel Tahan 12 Tahun Tanpa Di-charge

Di akhir tahun 1965, Rudy lantas bergabung dengan Pusat Pelatihan Nasional untuk Thomas Cup. Setelah bergabung dengan Pusat Pelatihan Nasional untuk Thomas Cup, kemampuannya meningkat pesat. Ia menjadi bagian dari tim Thomas Cup yang menang pada 1967.

Setahun kemudian, di usia 18 tahun, ia meraih juara yang pertama di Kejuaraan All England mengalahkan pemain Malaysia Tan Aik Huang dengan skor 15 - 12 dan 15 - 9. Ia kemudian menjadi juara di tahun-tahun berikutnya hingga 1974.


Kunci keberhasilan Rudy diakuinya karena dia selalu memperkuat pikiran dan imannya dengan berdoa. Rudy memegang teguh prinsip manusia yang berusaha, tapi Tuhan yang memutuskan.

Bahkan, berkat nama besarnya di dunia bulu tangkis, United Nations Development Programme (UNDP) sempat menunjuk Rudy sebagai duta bangsa untuk Indonesia. UNDP adalah organisasi PBB yang berperang melawan kemiskinan dan berjuang meningkatkan standar hidup, dan mendukung para perempuan. 

Berita Terkait:
Cedera Lutut, Owi - Butet Mundur Dari Final Super Series
Perjuangan Henda/Hasan di Turnamen Korsel Terbuka 2016 Terhenti
Indonesia Pastikan Satu Tiket Semifinal Australia Terbuka
Indonesia Pastikan Satu Tiket Final Australia Terbuka
Indonesia Pastikan Juara Ganda Putra di Australia Terbuka
Cantik Gila, Ini Atlet Badminton yang Ditekuk Tontowi/Liliana
FOTO: Piala Thomas 2016 Indonesia Melaju ke Final

Berita Terkait

Cedera Lutut,  Owi - Butet Mundur Dari Final Super Series Cedera Lutut, Owi - Butet Mundur Dari Final Super Series
Perjuangan Henda/Hasan di Turnamen Korsel Terbuka 2016 Terhenti Perjuangan Henda/Hasan di Turnamen Korsel Terbuka 2016 Terhenti
Indonesia Pastikan Satu Tiket Semifinal Australia Terbuka Indonesia Pastikan Satu Tiket Semifinal Australia Terbuka

#Atlet Bulu Tangkis #Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) #bulu tangkis

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar