Universitas Tertua di Dunia Yang Dibangun Oleh Wanita Muslim

Perpustakaan itu didirikan pada 859 Masehi oleh seorang wanita, Fatima Al-Fihri (Foto: Faena)

Arah - Semua orang di Dunia banyak yang mengidam-idamkan ingin berkuliah di tempat bergengsi seperti di Harvard, Oxford, atau Al Azhar. Saat ini kampus itu boleh dibilang merupakan kampus-kampus populer di dunia. Namun meskipun kampus-kampus itu saat ini terkenal, bukan dari situ pendidikan tinggi bermula. Kampus yang pertama kali didirikan di dunia ini adalah Universitas Al-Qarawiyyin. Kampus Al-Qarawiyyin didirikan pada tahun 859 M di kota Fes, Maroko. Hebatnya, pendirinya adalah seorang wanita muslimah bernama Fathimah Al Fihri.

Fatima Al Fihri merupakan anak dari saudagar kaya Tunisia yang tinggal di Fez, ia membangun Universitas sekaligus perpustakaan tertua yang masih bisa di kunjungi hingga sekarang. Karena sudah tua, Perpustakaan ini direstorasi oleh Aziza Chaouni agar tetap kokoh berdiri.

Baca juga:

Kisah Ibu dan Anak Berhijab yang Nekad Jadi Petinju Walau Dihujat

Saat Fans Liverpool dan Everton Beramal di Masjid Tertua Inggris

Uniknya, Perpustakaan ini memiliki koleksi buku kuno yang tak ditemui di tempat lain. Bahkan juga menyimpan Alquran yang berasal dari abad ke-9. Hebatnya lagi, bangunan ini menyimpan naskah dan tulisan tertua milik Nabi Muhammad SAW, dan menjadi kiblat bagi para pakar sejarah dari berbagai belahan dunia.

Universitas Al-Qarawiyyin adalah contoh sempurna tentang bagaimana Islam menggabungkan spiritual dengan pendidikan dan bahwa Islam tidak terpisah dari urusan kehidupan. Ini bukan hanya sebuah contoh bagaimana pendidikan dan agama bergabung disudut kecil dunia, tetapi menyoroti peran terhormat perempuan dalam masyarakat Islam yang merupakan aspek Islam yang sering disalahpahami.

Berita Terkait:
Shah Cheragh, Masjid Cantik yang Pancarkan Kilau Cahaya
Lima Masjid Tertua ini Punya Sejarah Tak Ternilai
Raef Haggag Terpikat Masjid Indonesia
Semburat Islam di Tanah Hindustan

Berita Terkait

Shah Cheragh, Masjid Cantik yang Pancarkan Kilau Cahaya Shah Cheragh, Masjid Cantik yang Pancarkan Kilau Cahaya
Lima Masjid Tertua ini Punya Sejarah Tak Ternilai Lima Masjid Tertua ini Punya Sejarah Tak Ternilai
Raef Haggag Terpikat Masjid Indonesia Raef Haggag Terpikat Masjid Indonesia

#Wanita Berpengaruh Dunia #sejarah masjid

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar