Meriahkan Haul Gus Dur, Sejumlah Lukisan Tokoh Ulama Dipamerkan

Amien Rais dan Gus Dur. (Wikipedia)

Arah - Sejumlah lukisan Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur dipamerkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur untuk memeriahkan acara haul Gus Dur yang ke-7.

"Lukisan itu dipajang di lantai dasar gedung KH Yusuf Hasyim, masih di area pondok. Lukisan itu untuk memeriahkan acara haul, dan sampai sekarang juga masih dipajang," kata pengurus PP Tebuireng, Kabupaten Jombang Lukman di Jombang, Minggu (8/1).

Baca Juga:

'Rami Anis' Pengungsi Suriah yang Berjuang di Olimpiade

Tantangan Wanita Arab yang Menikah dengan Pria Muslim Cina..

Dalam pameran itu, setidaknya ada 15 lukisan. Selain Gus Dur, juga terdapat sejumlah lukisan lainnya misalnya kakek Gus Dur sekaligus pendiri organisasi Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari, sesepuh NU sekaligus Mustasyar PP Tebuireng, Jombang, KH Yusuf Hasyim, guru sesepuh PP Tebuireng KH Ishak Latif, serta sejumlah kaligrafi.

Lukisan itu dibuat oleh sejumlah alumni PP Tebuireng. Salah satunya Rozi. Ia mengatakan, sudah hobi membuat lukisan sejak kecil, bahkan ketika menjadi santri pun, tetap tekun pada hobinya.

Ia membuat sejumlah lukisan para tokoh di pondok dengan harapan dengan lukisan, masyarakat yang melihat akan merasa semakin dekat. Salah satunya ia membuat lukisan KH Yusuf Hasyim.

"Yang kami buat dan pamerkan ini tidak semata lukisan Gus Dur, tapi juga hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari dan tokoh lain," paparnya.

Sya'roni, pelukis lainnya mengaku senang bisa menampilkan lukisannya, terlebih lagi di acara haul ini. Ia berharap, hal ini sekaligus memupuk bakat dan minat para santri. Selain pandai mengaji, mereka juga tetap bisa berkreasi.

"Ke depan, kami ingin ada komunitas alumni Tebuireng yang hobi melukis," harapnya.

Selain dipajang, lukisan itu juga diperbolehkan untuk dibeli. Para penikmat lukisan bisa mendapatkan lukisan itu dengan harga yang relatif terjangkau, mulai belasan ribu hingga jutaan rupiah.

Sementara itu, puncak acara haul Gus Dur yang ke-7 di PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, telah berlangsung pada Sabtu (7/1) malam. Acara itu dihadiri ribuan warga, maupun para santri pondok dari berbagai daerah dan angkatan.

Mereka mengikuti acara yang diselenggarakan di kawasan pondok itu dengan tertib. Gema selawatan juga terus berkumandang saat acara itu berlangsung. Selain itu, di acara itu juga dilakukan pembacaan tahlil.

Dalam acara haul itu, juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan. Mantan Rais Syuriah PWNU Sulawesi Selatan yang merupakan teman akrab Gus Dur selama belajar di Universitas Al-Azhar Mesir KH Sanusi Baco, hadir memberikan ceramah agama.

Selain itu, juga terdapat dua teman baik Gus Dur yang juga hadir, yaitu mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Lebanon Abdullah Syarwani dan cendekiawan muslim Habib Chirzin. Mereka membeberkan pertemanannya dengan mantan Gus Dur. Selain itu, hadir pula istri mendiang Gus Dur, Hj Sinta Nuriya. (Antara)

Berita politik terkini hanya di arah.com

Berita Terkait:
Libur Kampanye, Sandiaga Jadi Motivator Pengusaha Muda di Ponpes
Yenny Wahid Sampaikan Pesan Kedamaian Gus Dur
Makna Dibalik Peci Presiden Jokowi Pemberian Dari Gus Dur
Presiden Jokowi: Kita Ini Masih Kayak Anak TK
Jokowi Absen Kehadiran Cagub Cawagub di Haul Gusdur, Kenapa?
FOTO: Warna-warni Kampung Pelukis di Jelekong
FOTO: Geliat Ramadan di Pesantren

Berita Terkait

Ganjar Puji Pendidikan Pesantren yang Penuh Budi Pekerti Ganjar Puji Pendidikan Pesantren yang Penuh Budi Pekerti
Yenny Wahid Sampaikan Pesan Kedamaian Gus Dur Yenny Wahid Sampaikan Pesan Kedamaian Gus Dur
Untuk Pertama Kali, Lukisan Koleksi Istana Dipamerkan Untuk Pertama Kali, Lukisan Koleksi Istana Dipamerkan

#Gus Dur #Koleksi Lukisan #Pondok Pesantren

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar