Mirip Youtube, Upload Video di Facebook Kini Bisa Hasilkan Uang

Ilustrasi media sosial Facebook. (Foter/Spencer E Holtaway)

Arah - Facebook akan benar-benar membuat penggunanya menjadi seorang jutawan. Pengunggah video di medsos garapan Mark Zuckerberg itu akan mendapat uang tergantung dengan jumlah penontonnya.

Mengutip mashable.com, dalam perkembangannya video di jejaring media sosial dipasang iklan.

Hal ini menjadikan Facebook sebagai pesaing berat Youtube dalam hal kompetisi konten video di internet. Bedanya, iklan di Youtube bisa diabaikan setelah lima detik tayang sebelum video diputar. Sementar iklan di Facebook bisa dilihat sekitar 20 detik selama video yang diunggah setidaknya memiliki durasi 90 detik.

Sistem iklan seperti ini sudah dicoba Facebook dalam format live video. "Kami telah menemukan bahwa format ini bekerja dengan baik, dan kami berencana untuk memperluas tes ini untuk membuatnya tersedia untuk banyak mitra," tulis juru bicara Facebook.

Baca juga:

Tahun 2017, Aplikasi WhatsApp Tak Berfungsi di Ponsel Tipe Ini

Canggih, Begini Jadinya Jika Laptop Punya 3 Layar

Dan Rose selaku Wakil Presiden Kemitraan Facebook mengatakan, perusahaan Poynter pada tahun lalu memiliki rencana untuk menggabungkan jeda iklan dalam live video maupun video yang dipublikasikan di awal tahun 2017.

Sayangnya, pada tahap percobaan sebelumnya Facebook belum mau berbagi pendapatan dari iklan. Tetapi sekarang, Facebook secara resmi akan memberikan 55 persen untuk si pengunggah video dan menjaga 45 persen untuk perusahan Zuckerberg. Pembagian seperti ini sama persis dengan yang dilakukan oleh YouTube.

Selain mendapat uang dari video, Facebook juga bisa membayar pengunggah video yang menampilkan peristiwa, event, atau momen secara live. Pengunggah juga dapat membuat konten video bermerek, selama merek tersebut ditandai dengan unggahan Facebook.

"Kita tahu mitra monetisasi di Facebook tidak sepenuhnya cocok untuk semua. Kita perlu menawarkan berbagai solusi untuk berbagai pengunggah dan mitra pada platform kami," jelas jubir Facebook.

Berita Terkait

7 Cara Jitu Promosikan Barang di Sosmed
1,18 Miliar Orang 'Mampir' ke Facebook Tiap Hari
7 Bocah Ini Direkrut Perusahaan Raksasa Teknologi
Ini Gaya Mark Zuckerberg Siaran Live Pertama di Facebook
Sumber: Yahoo Dijual ke Verizon Senilai Rp63 Triliun

Tag

Berita Terkait

7 Cara Jitu Promosikan Barang di Sosmed 7 Cara Jitu Promosikan Barang di Sosmed
1,18 Miliar Orang 'Mampir' ke Facebook Tiap Hari 1,18 Miliar Orang 'Mampir' ke Facebook Tiap Hari
7 Bocah Ini Direkrut Perusahaan Raksasa Teknologi 7 Bocah Ini Direkrut Perusahaan Raksasa Teknologi

#Facebook Live #Facebook #YouTube

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar