Kuota Haji Bertambah, Antrian Jamaah Diprediksi Berkurang

Ilustrasi jamaah haji (Antara/Destyan Sujarwoko)

Arah - Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalimantan Barat Azharuddin Nawawi meyakini masa tunggu calon jamaah haji akan berkurang, menyusul adanya pengembalian kouta jamaah haji sebesar 20 persen.

"Kembalinya kuota ini, diyakini masa tunggu calon jamaah haji akan berkurang. Ketika kuota dipangkas, masa tunggu jamaah asal Kalimantan Barat antara 20-21 tahun, kini bisa berangkat lebih cepat, artinya ketika mendaftar tahun ini jamaah diperkirakan berangkat tahun 2035-3036," kata Azharuddin di Pontianak, Sabtu.

Azharuddin memastikan langkah cepat sudah dilakukan begitu mendapat kabar kembalinya kuota haji yang dipangkas ini, di antaranya mengintruksikan Kanwil Kemenag Kabupaten/kota melakukan pendataan ulang para calon jamaah haji.

Pendataan ulang itu dilakukan karena jumlah jamaah yang berangkat bertambah sesuai sistem, di mana penambahan itu sesuai dengan nomor urut calon jamaah.

"Kami juga meminta kepada jajaran yang ada untuk berkoordinasi dengan kantor imigrasi setempat. Hal ini dilakukan untuk persiapan pembuatan paspor bagi jamaah calon haji," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya Kanwil Kemenag kabupaten/kota juga diminta untuk mengingatkan calon jamaah haji untuk segera melunaskan setoran awal haji senilai Rp25 juta.

"Termasuk juga untuk 20 persen kuota calon jamaah haji yang telah kembali di masing-masing kabupaten/kota. Paling lambat akhir Januari bisa diselesai," katanya.

Meski demikian, katanya kepastian jumlah kuota itu harus menunggu rapat nasional. Itu merupakan rapat yang membahas pembagian kuota. Sebab selain pengembalian kuota itu, Indonesia juga mendapat tambahan 10.000 kuota calon jamaah haji.

"Untuk tambahan 10.000 itu kami belum tahu berapa yang diterima Kalimantan Barat. Nanti itu akan dibahas dalam rapat nasional, kemana arah tambahan itu," kata Azharuddin.

Baca Juga:

PBB Dukung Pemulihan Pasokan Air di Suriah

Ahok Berharap Debat Kedua Nanti Akan Lebih Bermutu

Anies Sebut Ahok Jawab Pertanyaanya Emosional di Debat Semalam

Ahok Berharap Debat Kedua Nanti Akan Lebih Bermutu

Pengamat: Pasangan Cagub Tak Ada yang Istimewa di Debat

Ia menuturkan dari kebijakan dan situasi yang ada tidak menutup kemungkinan tambahan itu 10.000 itu diperuntukkan daerah dengan masa tunggu yang cukup lama.

Pemangkasan kuota berlangsung sejak 2013 sebagai dampak proyek perluasan dan renovasi Masjidil Haram di Makkah.

"Ini menjadi harapan bersama, dimana pengurangan kuota sebesar 20 persen itu dikembalikan lagi. Tapi untuk tahun ini saja dan 2018 masih belum diketahui berapa penambahannya," katanya.

Selalu update berita terkini, hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait: Ini Alasan 106 Calon Haji Tabalong Mengundurkan Diri
Arab Setujui Penambahan Kuota Haji Indonesia
Jumat Besok Arah Kiblat Bisa Bergeser
Dirjen Bimas Budha Dapat Diberhentikan Tidak Hormat
Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Fitri Sore Nanti

Tags : #Kementerian Agama #Kuota Haji #Calon Jamaah Haji

Berita Terkait

Pengen Naik Haji? Intip Tips Ini Yuk... Pengen Naik Haji? Intip Tips Ini Yuk...
Alhamdulillah.. Kota Kupang Dapat Tambahan Kuota Haji 2017 Alhamdulillah.. Kota Kupang Dapat Tambahan Kuota Haji 2017
Alhamdulillah, 40 Calon Jamaah Haji Munatour Berangkat Tahun Ini Alhamdulillah, 40 Calon Jamaah Haji Munatour Berangkat Tahun Ini

#Kuota Haji #Kementerian Agama #Calon Jamaah Haji

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar