Ini Pengakuan Mengejutkan Kapolda Jabar Soal GMBI

Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan, saat menjawab pertanyaan wartawan di Bandung, Sabtu (24/12/2016). (Foto:Arah.com/Haryanto)

Arah - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan secara blak-blakan mengakui bahwa dirinya adalah pembina ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan 35 organisasi lainnya di Jawa Barat.

"Pembina itu boleh karena di luar struktur, agar organisasi tersebut baik, beradab dan mengedepankan nilai-nilai kearifan serta Pancasila. Justru yang mengkol-mengkol kudu dibenerkeun. Saya ada 35 jadi pembina, bola voli, karate, Perbakin, di Jabar, tapi bukan struktural," ucapnya kepada wartawan, Bandung, Selasa (17/1).

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa sekelas Presiden pun bisa menjadi pembina suatu organisasi. Bahkan dia menyebut banyak pejabat termasuk dirinya yang membina berbagai organisasi di masing-masing wilayahnya. Sebab, menurut dia hal itu tidak menyalahi aturan.

"Presiden juga bisa jadi pembina di parpol. Tidak ada masalah dengan jabatan pekerjaan. Akan tetap (menjadi Kapolda), kalo (tidak diperbolehkan membina) gitu semua pejabat yang membina harus mengundurkan diri dong," jelasnya.

Baca juga:

Ini Jawaban Saksi yang Sempat Mengundang Tawa Disidang Ahok

Komisi Yudisial Belum Temukan Permasalahan dalam Sidang Ahok

Sebagai pembina ormas yang sedang berseteru dengan FPI, dirinya menyatakan hal tersebut tidak mengganggu independensi dirinya sebagai penegak hukum dan akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan jika terbukti ada kesalahan.

"Terus kalo yang nggak dibina malah melenceng ke sana-sini. Saya mengakui secara gentleman, jangan sampai malah ada orang yang jelas-jelas tidak mengakui, itu tidak gentle," tegasnya.

"Ada orang yang memilih tidak jujur, takut, saya bukan penakut. Jabatan ini hanya amanah dan sementara saja. Saya kes ini ini (menjadi Kapolda) bukan untuk jabatan, tapi ingin membuat masyarakat Jabar aman," pungkas Anton. (Haryanto)

Tetap ikuti berita politik terupdate, hanya di arah.com

Berita Terkait:Kapolda Jabar Pembina GMBI, Polri : Gak Masalah, Sudah Izin
Long March ke Mabes Polri, FPI Tuntut Kapolda Jabar Dicopot
Buntut Ricuh di Polda Jabar, Hari ini FPI Demo Mabes Polri
FPI Demo Libatkan 5.000 Anggotanya, ini Persiapan Polri
Turunkan 5.000 Orang Demo Mabes Polri, ini Tuntutan FPI

Tags : #Jakarta #FPI Front Pembela Islam #Kapolda Jabar #Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI)

Berita Terkait

Dicopot dari Pembina GMBI, Kapolda Jabar: Nggak Masalah Dicopot dari Pembina GMBI, Kapolda Jabar: Nggak Masalah
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Soal Firza Husein, ini Sumpah Habib Rizieq Buat ..... Soal Firza Husein, ini Sumpah Habib Rizieq Buat .....

#Jakarta #Kapolda Jabar #Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) #FPI Front Pembela Islam

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar