Aher Klaim Pilkada Serentak Jabar Hemat Uang Negara Rp300 Miliar

Ahmad Heryawan, usai Pengukuhan Kepala Kantor Regional III BKN Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (4/1/2017). (Foto: Arah.com/Haryanto)

Arah - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menuturkan adanya penandatangan bersama mengenai pendanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat maka biaya yang akan dikeluarkan oleh pemda untuk melaksanakan pilkada serentak tersebut akan lebih efisien.

"Dengan pendanaan bersama ini maka biaya yang akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk melaksanakan Pilkada akan lebih ringan. Pemprov Jabar sendiri bisa menghemat anggaran hingga sebesar Rp300 miliar," kata Ahmad Heryawan dalam siaran persnya, Rabu (18/1).

Ia menuturkan sebanyak 16 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak pada tahun 2018 ditambah pemilihan Gubernur dan Wagub Jabar, yakni Kabupaten Sumedang, Bogor, Purwakarta, Subang, Kuningan, Majalengka, Cirebon, Garut, Ciamis dan Kabupaten Bandung Barat. Kota Bandung, Bogor, Banjar, Bekasi, Cirebon dan Kota Sukabumi.

Baca Juga:

Sidang Selesai Lebih Cepat, Ahok: Enak Dong, Mau Blusukan

Top Skor Liga Inggris: Costa dan Ibrahimovic Tambah Gol

Aher mengatakan pemerintah daerah tersebut telah melakukan penandatangan bersama mengenai pendanaan Pilkada serentak 2018 oleh Kepala Daerahnya masing-masing yang disaksikan langsung oleh Bawaslu, Panwaslu dan KPU Provinsi Jawa Barat. "Alhamdulillah ditandatangani bersama adalah pendanaan bersama yang sudah dirapatkan oleh tim masing-masing daerah termasuk KPU, Panwaslu dan Bawaslu," kata dia.

"Total untuk kita satu koma sekian triliun tapi kan ada penghematan karena sharing dengan Kokab, dan Provinsi bisa menghemat hingga 300-an miliar," lanjut Aher.

Menurut dia, Pemprov Jabar di tahun 2017 ini sudah menyicil untuk anggaran Pilkada serentak 2018 dan sisanya akan dicairkan menggunakan APBD Jabar tahun depan. "Sebagian sudah turun di tahun 2017 karena persiapan-persiapan pra-nya kan di 2017 tinggal separuhnya lagi tahun depan," kata Aher.

Ia menjelaskan untuk penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 biaya untuk pengadaan alat peraga akan ditanggung oleh KPU yang sebelumnya dibebankan kepada pasangan calon. (Antara)

Tetap ikuti berita nasional terkini, hanya di arah.com

Berita Terkait:Ini Pesan Perdamaian untuk Dunia di Angklung Day 2016
Lewat Tanaman Indigofera,Jabar Optimis Bisa Jadi Provinsi Kambing
Aliansi Buruh Jabar Tolak Gubernur Aher Sahkan UMK PP 78
Buntut Bentrok FPI Vs GMBI, Kondusifitas Bandung Bisa Terganggu
Gubernur Aher: Harga LRT di Bandung Harus Murah!
Dikata Gila, Ini Manusia 'Baja' di Kaki Gunung Galunggung
FOTO: Sensasi Wisata di Atas Ketinggian, Berani?
FOTO: Tangis dan Tawa Pecah di Stadion 'Si Jalak Harupat'
Banjir Bandang Garut Belasan Tewas, Rumah Sakit Terendam
Berangsur Surut Banjir Bandung Selatan Tahun Ini Lebih Luas

Tags : #Ahmad Heryawan #jawa barat #Bandung #Gubernur Jabar #Pilkada Serentak 2018

Berita Terkait

Jelang Pilkada, Aher Pastikan Kondisi Keamanan Jabar Kondusif Jelang Pilkada, Aher Pastikan Kondisi Keamanan Jabar Kondusif
Tanggapi Perkara Sukmawati vs Rizieq, ini yang Terbaik Kata Aher Tanggapi Perkara Sukmawati vs Rizieq, ini yang Terbaik Kata Aher
Buntut Bentrok FPI Vs GMBI, Kondusifitas Bandung Bisa Terganggu Buntut Bentrok FPI Vs GMBI, Kondusifitas Bandung Bisa Terganggu

#Bandung #Pilkada Serentak 2018 #Jawa Barat #Gubernur Jabar #Ahmad Heryawan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar