Ini Penyebab Kebakaran Pasar Senen Menurut Petugas Pemadam

Api membakar salah satu sudut bangunan Blok I dan Blok II di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1). Kebakaran di Pasar Senen tersebut dilaporkan terjadi sekitar pukul 04.43 WIB dan masih dalam penanganan petugas yang mengerahkan hingga 43 unit mobil pemadam kebakaran. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Arah - Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Subejo mengatakan sumber api yang menyebabkan kebakaran pasar senen bermula dari lantai satu dan merambat hingga ke lantai tiga. 

Menurutnya, lantai 3 yang kebanyakan merupakan kios tekstil menyebabkan api kian mudah menjalar hingga menghanguskan seluruh kios yang ada.

"Kalau awalnya dari lantai dasar. Kemudian ke lantai dua, ke lantai tiga, kayak cerobong gitulah. Nah itu lantai 3 mentok kan, sudah dari bahan yang mudah terbakar itu. Cepet perambatannya itu," ujar Subejo di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).

Ia juga mengatakan, dugaan sementara kebakaran berawal dari arus pendek listrik. Namun ia belum bisa memastikan hingga api dapat dipadamkan.

"Ya itu dugaannya seperti itu (korsleting listrik). Tapi saya nggak bisa bilang begitu juga. Saya belum tahu informasinya, belum melakukan penelitian. Kalau dugaan apapun bisa terjadi. Dari korsleting, dari putung rokok juga bisa," jelasnya.

Kebakaran Pasar Senen Hanguskan 500 Kios

Ini Catatan Peristiwa Kebakaran yang Melanda Pasar Senen

FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

Kebakaran Pasar Senen, Dinas Kerahkan 42 Unit Mobil Pemadam

Kebakaran Pasar Senen Berawal dari Lantai Satu

Lebih lanjut Subejo yang tiba sekitar pukul 08.00 menuturkan 42 mobil pemadam kebakaran dikerahkan dari berbagai arah.

"Ada beberapa penjuru, dari selatan, barat. Ada mobil 42 unit," sebutnya.

Kawasan perdagangan Pasar Senen di Jakarta Pusat, terbakar pada Kamis (19/1) subuh. Peristiwa yang terjadi pada sekitar pukul 04.30 ini melanda Blok III. Informasi terkini yang beredar menyebutkan, api yang berkobar di Blok III pasar tersebut menjalar ke sejumlah kios lainnya.

Hal itu terjadi akibat petugas yang keseulitan melakukan pemadaman karena kios-kios yang sebagian besar tertutup dengan pintu besi.

Dalam peristiwa itu, sebanyak 50 mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam KebakaranJakarta Pusat dikerahkan untuk memadamkan api.

Sementara adanya api di pasar tersebut, pada mulanya dilaporkan oleh pihak sekuriti setempat. (Shemi)

Tetap update berita politik terkini dan terbaru, hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen
Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam

#Jakarta #Kebakaran Pasar Senen #Pedagang Pasar Senen

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar