Kuartal I 2016, Laba Garuda Indonesia Anjlok 91%

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (19/3). (Dok.Antara/Muhammad Adimaja)

Arah - Laba PT Garuda Indonesia sepanjang triwulan pertama 2016 turun sebesar 91,03 persen (setara 1,02 juta dolar AS) dibandingkan periode yang sama tahun 2014 (year-on-year) sebesar 12,19 juta dolar AS secara main brand (induk perusahaan).

Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membukukan laba sebesar 78 juta dolar AS (setara Rp1,02 triliun) sepanjang tahun 2015 dengan peningkatan sebesar 121,1 persen dibanding 2014.

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo saat pemaparan di Tangerang, Jumat (15/4), mengatakan bahwa penurunan laba tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya penurunan pencapaian operasional akibat persaingan harga di pasar domestik.

"Kami berusaha mempertahankan full service. Namun, terdapat 'gap' harga kita itu bedanya 1,5 sampai dua kali lipat dengan kompetitor," katanya, dikutip Antara.

Kendati demikian, Arif berdalih perusahaan memilih untuk mempertahankan pelayanan maskapainya sebagai full service, dan maskapai bintang lima dalam koridor yang aman.

"Dari segmentasi, kami masih kuat meskipun 'yield'-nya turun. Kami akan konsisten pada 'full service', dan akan tumbuh dengan baik," katanya.

Selain itu, lanjut dia, penyebab lainnya adalah tren triwulan pertama setiap tahunnya yang sama merupakan "low season," atau aktivitas penerbangan tengah melesu.

Namun, Arif mengklaim pihaknya masih bisa berekspansi meskipun pasar tengah sepi, yakni mendatangkan tiga pesawat berbadan lebar (wide body) dan dua pesawat berbadan sempit (narrow body) untuk Garuda, dan empat pesawat untuk Citilink.

Dari segi total pendapatan operasional, Garuda membukukan 684,94 juta dolar AS )atau turun 10,10 persen dari periode sama 2015, yaitu 761,91 juta dolar AS.

Jumlah penumpang juga mengalami penurunan pada triwulan I 2016 sebesar 4,08 persen, atau sekitar 5,3 juta penumpang, dibanding periode sama 2015 5,4 juta penumpang.

Berita Terkait

Maskapai Ini Jual Kursi Tambahan untuk 'Boneka Roh' Maskapai Ini Jual Kursi Tambahan untuk 'Boneka Roh'
Mesin Terbakar, Pesawat Kalstar Kembali ke Bandara Mesin Terbakar, Pesawat Kalstar Kembali ke Bandara
'Boarding Pass' Tulisan Tangan, Maskapai Ini Terancam Sanksi 'Boarding Pass' Tulisan Tangan, Maskapai Ini Terancam Sanksi

#Garuda Indonesia #Maskapai Penerbangan #Pesawat Komersial

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar